Kompas TV olahraga kompas sport

Hasil Formula E Jakarta 2022: Mitch Evans Jadi Pembalap Pertama yang Taklukkan JIEC

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 16:37 WIB
hasil-formula-e-jakarta-2022-mitch-evans-jadi-pembalap-pertama-yang-taklukkan-jiec
Pembalap Formula E Jaguar TCS Racing, Mitch Evans mengikuti sesi latihan bebas 2 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6/2022). (Sumber: KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mitch Evans (Jaguar TCS Racing) keluar sebagai pemenang balapan Jakarta E-Prix 2022 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) pada Sabtu (4/6/2022) sore WIB.

Jakarta E-Prix merupakan balapan ke-9 dalam kalendar Kejuaraan Dunia Formula E 2021-2022. Race di JIEC sore mencetak sejarah, karena untuk pertama kalinya balapan mobil listrik Formula E diselenggarakan di Asia Tenggara dan hadir di Indonesia.

Momen kunci kemenangan Evans terjadi pada menit ke-39 balapan, saat ia berhasil menyalip Jean-Eric Vergne (DS Techeetah) di Tikungan 7 JIEC untuk merebut posisi pertama dan tidak terkejar hingga garis finis.

Lalu posisi dua diraih oleh Jean-Eric Vergne dan setelahnya ada Edoardo Mortara (ROKiT Venturi Racing). Ini adalah kemenangan ketiga Mitch Evans di Kejuaraan Dunia Formula E 2021-2022.

Baca Juga: Ada Calo Jual Tiket Formula E Jakarta Lebih Murah, Ini Penjelasan Penyelenggara

Diketahui ketika balapan menit ke-21, Vergne menggunakan seluruh kesempatan attack mode (2) miliknya untuk merebut urutan kedua.

Perjuangan Vergne kemudian berhasil berada di posisi pertama setelah menyalip Evans pada menit ke-22 ketika attack mode miliknya masih aktif.

Hingga menit ke-28, Vergne masih memimpin balapan dibuntuti oleh Evans dan Mortara, di sisi lain, Vandoorne secara perlahan mulai merangkak naik dan menduduki urutan kelima.

Memasuki 14 menit terakhir balapan, Da Costa yang mengaktifkan fanboost berhasil menyalip Mortara untuk menempati peringkat ketiga.

Ketika balapan tersisa 10 menit, energi mobil dari mayoritas pembalap sudah menurun hingga tersisa hanya sekitar 30 persen.

Tepat pada menit ke-39, Evans berhasil menyalip Vergne untuk mengambil alih pimpinan balapan.

Pada menit terakhir balapan, Evans sempat mendapatkan perlawan sengit dari Vergne. Namun, Evans tetap berhasil mempertahankan posisi terdepan hingga akhir balapan.

Baca Juga: Anies Keliling Sapa Penonton Formula E, Bagi Yang Tidak Punya Tiket Nonton Melalui TV

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x