Kompas TV nasional agama

Dubes Jelaskan Kondisi Terkini Arab Saudi untuk Haji 2022, Panasnya Bisa sampai 45 Derajat Celcius

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 15:12 WIB
dubes-jelaskan-kondisi-terkini-arab-saudi-untuk-haji-2022-panasnya-bisa-sampai-45-derajat-celcius
Foto ilustrasi Kabah di Mekkah, Arab Saudi. Kondisi terkini di Arab Saudi dilaporkan sangat panas, bahkan menurut dubes sampai 45 derajat (Sumber: AP Photo/Amr Nabil)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

ARAB SAUDI, KOMPAS.TV – Duta Besar (Dubes) RI untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, menjelaskan kondisi terkini Arab Saudi jelang kedatangan jemaah calon haji 2022 asal Indonesia yang mulai diberangkatkan per hari ini, Sabtu 4 Juni 2022.

Abdul Aziz mengingatkan, saat ini di Tanah Suci ini cuaca panas hingga mencapai 45 derajat Celsius.

Selain itu, di Arab Saudi juga karena kondisi panas, ada juga angin berdebu yang bisa jadi menganggu para Jemaah dalam ibadah haji 2022 tahun ini.

Ia pun mengingatkan, jemaah calon haji (JCH) agar tetap memakai masker karena cuaca sangat ekstrem.

Meskipun saat ini, menurutnya, pemerintah Arab Saudi sudah tidak mewajibkan lagi masker. Tapi, jemaah Indonesia harus tetap waspada. 

"Masker secara resmi sudah bukan wajib. Tapi ada baiknya pakai masker untuk kita sendiri, terutama bagi yang ada gangguan flu dan batuk. Lebih baik pakai masker lebih aman pakai masker," kata Abdul Aziz di Madinah, Jumat Waktu Arab Saudi (WAS) dikutip Antara Sabtu (4/6/2022).

Selain itu, jemaah calon haji juga perlu membawa dan minum air putih yang banyak serta membawa makanan ringan untuk membantu kesiapan fisik.

Menurut dia, kesiapan Arab Saudi untuk pelaksanaan haji 1443H/2022M sudah sangat baik bagi jamaah Indonesia.

Selain itu para jemaah calon haji 2022 nantinya juga sudah banyak memberikan kemudahan.

"Kita patut berbangga Arab Saudi sudah menyiapkan sangat luar biasa. Bagi saya ini mukjizat. Karena situasinya beda dengan sebelumnya," tambah Azis.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia akan Tempati 29 Hotel di Madinah, Terjauh Berjarak 500 M dari Masjid Nabawi

Terkait pandemi Covid-19, secara umum di Saudi sudah tidak ada pembatasan namun diwajibkan bagi jamaah sudah divaksin dan vaksin penguat (booster) di Tanah Air.

Jika ada yang positif Covid-19 harus segera di PCR dan lakukan isolasi mandiri.  Setelah itu di PCR ulang jika sudah negatif bisa beribadah normal.

Menurut Azis PCR di Saudi relatif murah, paling mahal 100 real atau sekitar Rp300 ribu.

Seperti diberitakan KOMPAS.TV  sebelumnya, calon haji di Indonesia resmi diberangkatkan per hari ini, Sabtu 4 Juni 2022 dari pelbagai kelompok terbang (kloter) di Indonesia. 

Tercatat, secara total pada hari ini saja ada  2.766 Calon Haji dari tujuh kloter pemberangkatan. Indonesia sendiri mendapatkan kuota haji sebanyak 100.151 jemaah haji pada tahun ini setelah dua tahun absen karena pandemi. 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x