Kompas TV regional berita daerah

Huntap Mandiri Penyintas Gempa Palu Yang Mendapat Penghargaan Dunia

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 11:47 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Hunian tetap mandiri di Kelurahan Mamboro menjadi salah satu percontohan hunian pasca bencana. Hunian ini pun mendapatkan penghargaan World Habitat Award Bronze Winner 2021.

Dikerjakan secara gotong royong antar warga, hunian tetap bergaya rumah panggung telah ditempati sejak tahun 2020. Hunian ini dibangun berdasarkan bimbingan arsitek komunitas dan dikerjakan secara gotong royong.

Sebagian besar penghuni rumah ini adalah penyintas bencana yang tinggal di pesisir pantai Mamboro. Rumah mereka sebelumnya habis disapu tsunami. Sempat tinggal di hunian sementara kini para penyintas itu dapat tinggal di rumah milik sendiri.

Salah satunya Nursiah, penyintas bencan asal Kelurahan Mamboro ini baru menempati rumahnya pada tahun 2020 lalu setelah rumahnya habis diterjang tsunami. Nursiah tinggal bersama keluarganya dan suaminya bekerja sebagai nelayan.

Di tahun 2021, hunian tetap mandiri Kelurahan Mamboro ini mendapatkan penghargaan World Habitat Award Bronze Winner 2021. melibatkan warga sebagai partisipan pembangunan wilayah hunian menjadi indikator penilaian hunian ini mendapatkan penghargaan itu.

#HuntapMamboro #WorldHabitatAwardBronzeWinner 2021 #Penyintas 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x