Kompas TV nasional agama

Lepas 445 Calon Haji dari Jatim, Wapres Ma ruf: Insyaallah Tahun Depan Normal

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 11:43 WIB
lepas-445-calon-haji-dari-jatim-wapres-ma-ruf-insyaallah-tahun-depan-normal
Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin resmi melepas keberangkatan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Jawa Timur yang berjumlah 445 orang dan 4 petugas haji di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur pada Sabtu (4/6/2022). (Sumber: Tangkapan layar video KOMPAS TV)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Edy A. Putra

 

SIDOARJO, KOMPAS.TV – Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin resmi melepas keberangkatan jemaah haji kelompok terbang (kloter) pertama dari Jawa Timur (Jatim) yang berjumlah 445 orang dan 4 petugas haji di Bandar Udara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jatim pada Sabtu (4/6/2022).

Wapres Ma’ruf berharap, jemaah haji 2022 kembali dengan selamat dan memperoleh haji yang mabrur.

Apalagi, prosesi haji pada tahun ini dilakukan saat masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan kali pertama setelah dua tahun absen.

Sebagaimana dilaporkan jurnalis Kompas TV Jack Robby dari lokasi, Wapres Ma’ruf juga menegaskan, proses haji tahun ini adalah percontohan agar di tahun mendatang haji sudah dapat berlangsung normal kembali.

“Haji tahun ini menjadi semacam ukuran, menjadi penilaian. Kalau ini semua berjalan dengan baik, Insyaallah tahun depan, normal kembali,” paparnya, Sabtu.

Wapres juga mengingatkan agar jemaah haji senantiasa menjaga kesehatan mengingat kondisi Arab Saudi saat ini memasuki musim panas.

“Kita harapkan para jemaah di sana bersama menjaga kesehatan karena masih (pandemi) Covid-19. Supaya juga menjaga kesehatan dari sengatan panas. Di sana cuacanya agak panas. (Semoga) menjalankan ibadah dengan baik."

“Saya harap jemaah haji kita bisa kembali ke tanah air dengan selamat, sehat, dan mendapatkan haji yang mabrur,” sambungnya.

Baca Juga: Hari Ini Indonesia Berangkatkan Total 2.766 Calon Haji dari 7 Kloter Pemberangkatan

Tak lupa, Wapres Ma’ruf memberi pesan kepada para petugas yang mendampingi jemaah haji agar menjalankan tugas dengan maksimal.

“Kepada para petugas, saya sampaikan, supaya melayani jemaah dengan baik. Dari pembimbingnya, dari kesehatannya, semua menjalankan tugasnya dengan baik sehingga jemaah kita bisa terlayani dengan baik,” tutupnya.

Kloter pertama haji dari Embarkasi Surabaya yang berjumlah 445 orang ini terdiri dari jemaah asal Kabupaten Tuban dan Bojonegoro.

Baca Juga: Jemaah Haji Indonesia akan Tempati 29 Hotel di Madinah, Terjauh Berjarak 500 M dari Masjid Nabawi

Jemaah haji sudah melakukan tes kesehatan di asrama haji Surabaya dan dinyatakan sehat dan diberangkatkan ke tanah suci pada hari ini.

Kloter pertama jemaah haji dari Jatim ini adalah bagian dari 16.815 anggota jemaah haji yang akan diberangkatkan dari provinsi tersebut dan terdiri dari 38 kloter.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.