Kompas TV nasional agama

Lepas Jemaah Haji 2022, Menag Yaqut Ingatkan Cuaca Panas di Saudi: Sering Minum Air Putih

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 11:21 WIB
lepas-jemaah-haji-2022-menag-yaqut-ingatkan-cuaca-panas-di-saudi-sering-minum-air-putih
Menag Yaqut beri pesan ke jemaah haji 2022 yang berangkat ke tanah suci hari ini di tengah suasana Saudi yang panas (Sumber: Humas Kemenag)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qoumas resmi melepas kloter pertama jemaah haji 2022 yang melalui Embarkasi Jakarta – Pondok Gede (JKG 01) pada Sabtu (4/6/2022) di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Banten.

Menag Yaqut yang memakai rompi petugas haji warna hijau dan baju putih serta mengenakan kopiah hitam tampak menemui para jemaah jelang keberangkatan di pesawat.

Menag Yaqut memberikan sejumlah pesan kepada jemaah haji 2022 jelang keberangkatan ke Tanah Suci dari DKI Jakarta yang berjumlah 389 calon haji.

Apalagi, di tengah cuaca di Arab Saudi yang sedang panas, diprediksi hingga 42-43 derajat celcius. Hal ini patut diperhatikan jemaah haji ketika nanti beribadah di Tanah Suci.

Hal pertama yang dipesan Menag Yaqut kepada jemaah haji 2022 adalah mengajak para Dhuyufurrahman ini untuk kembali menata niat.

Dhuyuffurrahman adalah istilah untuk jemaah haji, bermakna tamu Allah.

"Di tata kembali niatnya ke Tanah Suci ini untuk beribadah, untuk melaksanakan rukun islam yang kelima. Menyempurnakan keislaman kita. Niat kita ke tanah suci ini ibadah. Tidak ada yang lain-lain," ujar Menag Yaqut dikutip dari situs resmi Kemenag, Sabtu (4/6/2022).

Yang kedua, Menag Yaqut meminta jemaah haji Indonesia untuk menjaga kesehatan karena cuaca panas di Saudi.

"Saya berharap Bapak Ibu sekalian menjaga kesehatan. Sering-sering minum air putih, vitamin jangan lupa diminum," imbuhnya.

Sedangkan pesan ketiga dari Menag Yaqut adalah mengimbau jemaah haji untuk membatasi kegiatan di luar ibadah.

"Hanya lakukan kegiatan ibadah. Dan kegiatan di luar ibadah, seperlunya. Saya berharap ini benar-benar diperhatikan Bapak Ibu sekalian, agar selama pelaksanaan ibadah haji bisa berjalan lancar, dan (bisa) melaksanakan semua syarat dan rukun haji," tegas Menag yaqut. 



Sumber : Kompas TV/Kemenag


BERITA LAINNYA



Close Ads x