Kompas TV entertainment musik

Karena Lagu 'All I Want for Christmas Is You', Mariah Carey Digugat & Dimintai Ganti Rugi USD20 Juta

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 09:15 WIB
karena-lagu-all-i-want-for-christmas-is-you-mariah-carey-digugat-dimintai-ganti-rugi-usd20-juta
Mariah Carey, penyanyi asal Amerika Serikat (AS), yang kini tengah menghadapi gugatan karena lagu berjudul 'All I Want for Christmas Is You'. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyanyi asal Amerika Serikat (AS), Mariah Carey, baru saja menerima gugatan atas lagu berjudul 'All I Want for Christmas Is You'.

Lagu keluaran 1994 dan bertemakan perayaan Natal tersebut memang identik dengan Mariah Carey sebagai penyanyinya.

Namun, kini ada seseorang bernama Andy Stone yang mengaku ikut menulis tembang dengan judul serupa, lima tahun lebih awal.

Gugatan itu pun telah diajukan oleh Stone ke pengadilan federal New Orleans, AS, dengan tuntutan ganti rugi senilai USD20 juta kepada Carey, rekan penulisnya dan Sony Music Entertainment.

Baca Juga: NIKI Beri Bocoran Soal Album Kedua, Rilis pada Agustus 2022

Lebih jelasnya, Stone menggugat pihak-pihak tersebut dengan tuduhan penyalahgunaan dan pelanggaran hak cipta.

Personel band pop country Vince Vance & The Valiants tersebut juga menyebut Carey dan orang-orangnya itu telah melakukan eksploitasi secara ilegal terhadap lagunya.

Sehingga, lanjut Stone, terciptalah popularitas dan daya tarik bagi Carey, sebab lagu tersebut senantiasa direkam dalam versi terbaru.

Melansir Antara, Sabtu (4/6/2022), Stone pun mengeklaim bahwa lagunya sendiri sudah berada di pasaran sejak 1993 dan sempat masuk dalam tangga lagu Billboard.

Baca Juga: Selain Comeback, ITZY Bersiap Tur Dunia Perdana pada Paruh Kedua 2022

Namun, hingga saat ini belum ada informasi pasti mengenai waktu pertama kali Stone menyadari lagu karangannya beredar dalam versi Mariah Carey.

Kuasa hukum Stoner hanya mengatakan bahwa pihaknya telah menghubungi tergugat pada April 2021, tapi tak ada kesepakatan kala itu.

Sementara itu, diketahui bahwa lagu 'All I Want for Christmas Is You' versi Mariah Carey dan Andy Stone sejatinya mempunyai lirik dan melodi yang berbeda.

Selain itu, Carey pertama kali memasukan lagu tersebut dalam albumnya yang bertajuk 'Merry Christmas' dan rilis pada 28 Oktober 1994.

Lagu tersebut lantas didengarkan oleh banyak orang hingga akhirnya berhasil masuk jajaran 100 besar Billboard pada 2019 dan seterusnya.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.