Kompas TV regional berita daerah

Sandiaga Uno Kunjungi Kubah Basirih, 50 Besar Anugerah Desa Wisata Indonesia Terbaik 2022

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 08:10 WIB

BANJARMASIN, KOMPAS.TV - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengunjungi Kawasan wisata religi KUBAH Basirih, di Kelurahan Basirih, Banjarmasin Barat,  jumat pagi (3/5/2022).

Kedatangan Sandiaga dalam rangka ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022, dimana Kawasan Kubah Basirih menjadi satu finalis yang masuk 50 besar.

“Jadi tema ADWI kali ini adalah Kebangkitan Ekonomi Indonesia Bangkit, jadi penilaian bukan hanya lokasi tapi meningkatkan SDM dan Ekonomi bagi masyarakat desa tersebut,” ucap Sandiaga.

Baca Juga: Sandiaga Uno ke Banjarmasin, Ajak Masyarakat Berinovasi Ciptakan Ekonomi Baru

Menteri Sandi menaiki speedboat sambil menikmati pemandangan sepanjang sungai Martapura.

Setibanya di dermaga Kubah Basirih, Sandiaga Uno disambut atraksi jukung barenteng dan pemadam kebakaran swasta.

Sandi tiba disambut Wali Kota Banjarmasin, Ibnu Sina, dan jajaran forkopimda, termasuk tuan rumah keluarga Habib Basirih.

Sandi terkesan lantaran desa tujuan kali ini ternyata desa wisata paket komplit. Selain bisa susur sungai, di lokasi ini juga ada wisata religi.

Iapun menyempatkan diri berziarah ke Kubah basirih yang merupakan makam Habib Hamid Bin Abbas Bahasyim atau Habib Basirih ulama tersohor di kawasan ini.

Dia menegaskan, dalam kesempatan tersebut Sandi juga berpesan kepada pengelola untuk bisa menjaga kebersihan di lokasi tersebut.

"Kita akan kembangkan bersama-sama, siap semuanya? siap untuk bangkit?," ucap Sandiaga kepada Pemkot dan warga sekitar.

Di akhir kunjungannya, Sandiaga memberikan sertifikat, plakat, goodie box, prasasti untuk Desa Wisata Kubah Basirih.

Ia juga memberikan bantuan berupa dua Set Alat Hadroh untuk mendukung kegiatan warga serta tempat sampah dan tempat cuci tangan untuk membantu fasilitas CHSE di desa wisata Kubah Basirih. 

Baca Juga: Trend Penyewaan Skuter Listrik di Banjarbaru, Omzetnya Bisa Capai Rp.50 Juta !

Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 merupakan program unggulan penggerak kebangkitan pertumbuhan ekonomi dan pengembangan pariwisata Indonesia yang sedang digalakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Dimana untuk kedua kalinya ini mengangkat tema “Kebangkitan Ekonomi untuk Indonesia Bangkit”.

ADWI diharapkan mampu mewujudkan visi “Indonesia sebagai Negara Tujuan Pariwisata Berkelas Dunia, Berdaya Saing Global, Berkelanjutan dan Mampu Mendorong Pembangunan Daerah dan Kesejahteraan Rakyat”. 

ADWI ditujukan untuk jadi daya ungkit bagi ekonomi desa dan sebagai wahana promosi untuk menunjukkan potensi desa-desa wisata di Indonesia kepada wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara.

Selain itu juga mendorong daerah untuk menciptakan desa wisata baru.

Berdasarkan Anugerah Desa Wisata tahun 2021 terjaring 1.831 data desa wisata yang ada di Indonesia.

Sementara di tahun 2022  targetnya adalah 3.000 desa wisata yang diharapkan terjaring sehingga mempermudah pengembangan desa wisata di Indonesia.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x