Kompas TV internasional kompas dunia

Laporan PBB: Taliban di Afghanistan Saat Ini Pening Kepala, Hadapi ISIS dan Kelompok Mantan Tentara

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 02:05 WIB
laporan-pbb-taliban-di-afghanistan-saat-ini-pening-kepala-hadapi-isis-dan-kelompok-mantan-tentara
Laporan terbaru PBB menyebut situasi di Afghanistan saat ini cukup membuat pening kepala: dekat dengan Al-Qaida, melawan ISIS dan kelompok perlawanan baru mantan tentara. (Sumber: AP Photo/Rahmat Gul, File)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

NEW YORK, KOMPAS.TV - Perserikatan Bangsa-Bangsa PBB mengeluarkan laporan terbaru kepada Dewan Keamanan PBB yang menyebutkan, situasi di Afghanistan saat ini cukup membuat pening, di mana ada beberapa pihak yang saling berperang satu sama lain.

PBB dalam laporannya yang dilansir Associated Press, Jumat (3/6/2022), melaporkan penguasa Taliban Afghanistan saat ini mempertahankan hubungan dekat dengan al-Qaida untuk mengonsolidasikan kendali atas negara itu. Namun ancaman militer utama datang dari kelompok ekstremis ISIS dan mantan personel keamanan pemerintah Afghanistan.

Para ahli dalam laporan kepada Dewan Keamanan PBB menyebut, dengan cuaca yang lebih baik, pertempuran dapat meningkat karena ISIS dan pasukan perlawanan melakukan operasi melawan pasukan Taliban.

Tetapi, baik ISIS maupun al-Qaida diyakini tidak mampu melakukan serangan skala internasional setidaknya hingga 2023. "Terlepas dari niat mereka atau apakah Taliban bertindak atau tidak untuk menahan mereka,” kata panel ahli tersebut.

Meskipun demikian, dikatakan kehadiran ISIS, al-Qaida, dan banyak kelompok teroris dan pejuang lainnya di tanah Afghanistan, meningkatkan kekhawatiran negara-negara tetangga dan masyarakat internasional yang lebih luas.

Sejak pengambilalihan mereka atas Afghanistan 15 Agustus lalu ketika pasukan AS dan NATO berada di tahap akhir penarikan mereka yang kacau dari negara itu setelah 20 tahun, menurut para ahli, Taliban lebih menyukai kesetiaan dan senioritas daripada kompetensi, dan pengambilan keputusan mereka buram dan tidak konsisten.

Dalam laporan yang diperoleh hari Kamis, panel pemantau sanksi terhadap Taliban mengatakan, para pemimpinnya menunjuk 41 orang yang berada dalam daftar hitam sanksi PBB masuk ke dalam jajaran kabinet dan posisi senior, dan mereka mendukung kelompok etnis Pashtun yang dominan di negara itu, serta mengasingkan komunitas minoritas termasuk etnis Tajik dan Uzbekistan.

Baca Juga: Taliban Gelar Operasi Besar-besaran Berantas Tanaman Bahan Baku Opium di Seantero Afghanistan

Salah satu pemimpin Taliban paling misterius, Sirajuddin Haqqani, bos Haqqani Network, pertamakalinya muncul di depan umum dan fotonya disebar secara terbuka. Laporan terbaru PBB menyebut situasi di Afghanistan saat ini cukup membuat pening kepala Taliban: dekat dengan Al-Qaida, melawan ISIS dan kelompok perlawanan baru mantan tentara.(Sumber: Straits Times)

Menurut para pengamat, perhatian utama Taliban adalah untuk mengonsolidasikan kendali sambil mencari pengakuan internasional, terlibat kembali dengan sistem keuangan internasional dan menerima bantuan untuk menangani krisis ekonomi dan kemanusiaan yang berkembang di Afghanistan.

“Namun, sejak mengambil alih kekuasaan, ada banyak faktor yang menciptakan ketegangan internal di dalam gerakan, yang mengarah pada persepsi bahwa pemerintahan Taliban kacau, terputus-putus, dan cenderung membalikkan kebijakan dan mengingkari janji,” kata mereka.

Ketika Taliban berjuang untuk transisi dari pemberontakan ke badan pemerintahan, mereka dibagi antara pragmatis dan garis keras yang saat ini di atas angin dan ingin memutar waktu kembali ke aturan keras kelompok dari tahun 1996 hingga Desember 2001, ketika mereka digulingkan oleh kekuasaan oleh pasukan AS dan sekutu setelah serangan 9/11 di Amerika Serikat.

Sampai saat ini, upaya mereka untuk mendapatkan pengakuan dan bantuan dari negara-negara Barat gagal, terutama karena mereka belum membentuk pemerintahan yang lebih representatif, sementara masih membatasi hak-hak anak perempuan untuk pendidikan di luar sekolah dasar, dan hak perempuan untuk bekerja serta bepergian tanpa pengawasan kerabat laki-laki.

“Dilema utama adalah bagaimana sebuah gerakan dengan ideologi yang tidak fleksibel dapat terlibat dengan masyarakat yang berkembang selama 20 tahun terakhir,” kata para ahli. “Tekanan lebih lanjut berkisar pada kekuasaan, sumber daya, divisi regional dan etnis.”

Baca Juga: PBB Desak Taliban Hentikan Diskriminasi Perempuan di Afghanistan dari Pendidikan hingga Hijab

Para pejabat Taliban. Laporan terbaru PBB menyebut situasi di Afghanistan saat ini cukup membuat pening kepala Taliban: dekat dengan Al-Qaida, melawan ISIS dan kelompok perlawanan baru mantan tentara. (Sumber: P Photo/Alexander Zemlianichenko, Pool)


Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x