Kompas TV olahraga kompas sport

Anies: Gelaran Formula E Wujud Komitmen Jakarta Menuju Kota Ramah Lingkungan

Kompas.tv - 4 Juni 2022, 04:40 WIB
anies-gelaran-formula-e-wujud-komitmen-jakarta-menuju-kota-ramah-lingkungan
Anies Baswedan mengatakan gelaran balapan Formula E adalah wujud komitmen Jakarta untuk menuju kota ramah lingkungan. (Sumber: Twitter @FIAFormulaE)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, gelaran Formula E merupakan komitmen dari Jakarta untuk menuju kota ramah lingkungan.

Jakarta akan menjadi tuan rumah balapan Formula E pada Sabtu (4/6/2022).

Anies mengatakan, balapan Formula E yang mempunyai nama resmi Jakarta E-Prix 2022 itu merupakan momen penting bagi Jakarta untuk menuju kota yang ramah lingkungan.

"Formula E ini adalah sebuah momen penting di dalam sejarah kota kita untuk menuju kota yang ramah lingkungan, kota yang ikut menyelamatkan planet karena kita bersama-sama mencoba mengurangi efek rumah kaca di tanah kita sendiri," ucap Anies dikutip dari Antara, Jumat (3/6/2022).

Dengan diadakannya balapan Formula E di Jakarta, hal ini akan menunjukkan keseriusan Jakarta untuk ikut ambil bagian dalam gerakan untuk menghadapi perubahan iklim, pemanasan global dengan memulai transformasi, menuju kendaraan ramah lingkungan.

Apalagi ajang Formula E ini akan ditayangkan di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Anies menargetkan Jakarta bisa mengurangi efek rumah kaca sebesar 30 persen pada 2030.

Selain itu, Jakarta juga menetapkan akan mencapai net zero emission dalam kurun waktu 28 tahun pada 2050.

Baca Juga: Anies Baswedan Sebut Balapan Formula E 2022 Tidak akan Menggunakan Pawang Hujan

Salah satu langkah yang telah dilakukan untuk mencapai target tersebut adalah melakukan konversi dari kendaraan berbahan bakar minyak menjadi menggunakan listrik.

"Alhamdulillah sekarang masih delapan tahun sampai ke 2030 dan kita sudah berhasil menurunkan sampai 26 persen. Kita berharap ini nanti bisa tercapai, mudah-mudahan tahun 2025, lima tahun lebih cepat dari target," lanjut Anies.

"Kemarin saya sampaikan 100, ternyata kita berhasil meninggikan target mudah-mudahan tahun ini bisa 200 bus listrik, kemudian semua bis baru akan menggunakan energi listrik."

"Jadi, balap mobil ini bukan sekadar balap mobil biasa, tetapi ini adalah balap mobil dengan semangat keberlanjutan lingkungan hidup. Karena itu, efeknya bukan hanya ekonomis tapi juga ekologis, ini yang kita ingin targetkan sama-sama. Dan, Insya Allah pesan ini akan terus bergaung dan kesadaran kita semua," jelas Anies.

Balapan Jakarta E-Prix 2022, yang merupakan seri kesembilan Formula E, akan memanas dengan pertarungan sengit para pembalap yang berebut untuk posisi podium juara.

Para pembalap akan memulai rangkaian jadwal yang padat pada Sabtu pagi yang diawali dengan pemeriksaan medis oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Selanjutnya akan dilakukan dua kali sesi latihan bebas pada pagi hari yang kemudian dilanjutkan dengan fase kualifikasi pada siang harinya.

Terakhir, para pembalap akan menggeber mobil mereka pada puncak balapan yang akan berlangsung mulai pukul 15.04 WIB. 

Baca Juga: Istana Konfirmasi Presiden Jokowi akan Nonton Langsung Formula E di Ancol Besok

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x