Kompas TV nasional peristiwa

Pemerintah Optimistis Pandemi Covid-19 Bisa Berakhir Tahun Ini, KSP: Situasi Semakin Terkendali

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 17:50 WIB
pemerintah-optimistis-pandemi-covid-19-bisa-berakhir-tahun-ini-ksp-situasi-semakin-terkendali
Ilustrasi. Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo mengungkapkan pemerintah optimistis pandemi akan berakhir tahun ini. (Sumber: Kompas.tv/Ant/Andreas Fitri Atmoko)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Abraham Wirotomo mengungkapkan selama tiga bulan ini, situasi pandemi di Indonesia semakin terkendali. 

Melihat hal itu, Abraham mengatakan, pemerintah meyakini pandemi Covid-19 bisa berakhir pada tahun ini.

"Situasi pandemi selama 12 minggu atau tiga bulan terakhir semakin terkendali. Kita semakin optimis pandemi bisa berakhir di tahun ini," kata Abraham dalam siaran pers KSP, Jumat (3/6/2022). 

Kendati situasi pandemi semakin terkendali, Abraham tetap menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebiasaan hidup sehat dengan tetap menjaga protokol kesehatan. 

Abraham menjelaskan, kesadaran masyarakat dalam menjaga protokol kesehatan menjadi salah satu alat ukur untuk menentukan pandemi menuju fase endemi.

Dia mengatakan bahwa untuk menuju endemi, pemerintah akan terus mengingatkan masyarakat untuk memikul tanggung jawab menjaga kesehatan pribadi dan lingkungan.

"Tidak perlu lagi masyarakat diawasi apalagi dipaksa-paksa. Seperti pemakaian masker atau lainnya," ujarnya.

Baca Juga: PKS: Presiden Jokowi Jangan Gegabah Ubah Status Pandemi ke Endemi

Targetnya, kata Abraham, masyarakat benar-benar teredukasi, memahami, dan bisa mengambil keputusan jika terjadi gangguan kesehatan.

"Jika itu sudah tercapai, berarti Covid-19 sudah menjadi endemi," ujarnya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan, masa transisi dari situasi pandemi Covid-19 ke endemi setidaknya membutuhkan waktu sekitar 6 bulan.

Nantinya, pemerintah akan melihat perkembangan kasus untuk menentukan kebijakan ke depannya.

Hal ini disampaikannya dalam keterangan pers seusai meninjau proyek pembangunan sirkuit Formula E di Ancol pada 25 April 2022.

“Kita tidak ingin kaya negara negara lain yang langsung buka masker, ndak, ini masih ada transisi kira-kira 6 bulan, kita lihat seperti apa, baru nanti silakan kalau yang di luar ruangan buka masker, kalau yang di dalam ruang masih tetap pakai masker, ada tahapan-tahapan yang kita tidak perlu tergesa-gesa,” ucap Jokowi ketika itu.

Baca Juga: Jokowi: Pandemi Sudah Melandai, namun Vaksinasi Harus Tetap Dilakukan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x