Kompas TV olahraga kompas sport

Cetak Sejarah di SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia Dapat Bonus Rp5 Miliar

Kompas.tv - 3 Juni 2022, 18:06 WIB
cetak-sejarah-di-sea-games-2021-timnas-basket-indonesia-dapat-bonus-rp5-miliar
Timnas bola basket Indonesia menerima bonus senilai Rp5 miliar dari Bank Mandiri atas kesuksesan mereka meraih medali emas SEA Games Vietnam 2021. (Sumber: Indonesia Basketball)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tim nasional (Timnas) bola basket Indonesia menerima bonus senilai Rp5 miliar dari Bank Mandiri setelah mencetak sejarah dengan meraih medali emas SEA Games 2021.

Timnas bola basket Indonesia berhasil untuk pertama kalinya meraih emas di ajang bergengsi itu.

Langkah Timnas Indonesia tidak mudah. Mereka harus menghadapi tim-tim kuat seperti Filipina, yang berstatus raksasa basket Asia Tenggara sekaligus langganan juara SEA Games.

Pada SEA Games 2021, Timnas bola basket 5x5 putra mengalahkan Filipina pada partai final di Thanh Tri Gymnasium.

Tim Garuda menang 85-81 atas tim peraih 13 gelar juara SEA Games tersebut. Itu adalah emas pertama dari cabang olahraga bola basket sejak Indonesia ikut SEA Games pada 1977.

Baca Juga: Hanya Tersisa Waktu Sebulan, Cukupkah Waktu Persiapan Timnas Basket untuk Piala Asia FIBA 2022?

"Kita bersyukur mendapatkan bonus Rp5 miliar. Ini bentuk kepercayaan masyarakat terhadap bola basket Indonesia," ujar Ketum PP Perbasi Danny Kosasih dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/6/2022).

Prestasi yang tidak kalah bagus juga dicetak tim basket 5x5 putri yang berhasil membawa pulang medali perak SEA Games 2021.

Poin yang dikoleksi pemain timnas putri sama dengan catatan Filipina yang meraih emas. Tetapi tim putri Indonesia meraih perak karena kalah dari Filipina dalam laga pembuka.

Timnas bola basket 3x3 putri juga sukses memperbaiki catatan di SEA Games. Setelah tak berdaya pada 2019, para srikandi Indonesia meraih medali perunggu pada SEA Games 2021.

"Prestasi membanggakan juga diraih Timnas Basket Putri yang meraih medali perak setelah mengalahkan Singapura. Tak hanya itu, Timnas Basket putri juga memperoleh medali perunggu untuk pertandingan 3x3," ungkap Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi.

Darmawan berharap, capaian ini menjadi motivasi bagi timnas agar tetap menjaga motivasi untuk berikan yang terbaik.

Selanjutnya, tim basket putra Indonesia diharapkan bisa finis di posisi delapan besar pada FIBA Asia Cup 2022 pada Juli mendatang sehingga akan kembali mencetak sejarah lolos ke Piala Dunia.

"Tak lupa kami juga berdoa bagi Timnas Basket yang akan berlaga di ajang FIBA Asia Cup agar bisa meraih kemenangan dan lolos ke FIBA World Cup 2023," ucapnya.

Baca Juga: Sukses di SEA Games 2021, Timnas Basket Indonesia Targetkan Masuk 8 Besar di FIBA Asia Cup 2022 



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x