Kompas TV nasional peristiwa

Sejarawan Ungkap Peran Cak Nur Tenangkan Militer Orde Baru yang Curiga Pada Islam

Jumat, 3 Juni 2022 | 10:10 WIB
sejarawan-ungkap-peran-cak-nur-tenangkan-militer-orde-baru-yang-curiga-pada-islam
Sejarawan Salim Said ungkap peran Cak Nur di balik militer orde baru dan curiga terhadap Islam (Sumber: Tribunnews Wiki)

Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Sejarawan dan pengamat militer Profesor Salim Salim mengisahkan peran cendekiawan muslim almarhum Nurcholis Madjid atau biasa disapa Cak Nur ketika terjadi gesekan antara militer di masa Orde Baru dan Islam.

Menurut Salim Said yang dikenal sebagai sejarawan militer itu, ketika Orde Baru sedang kuat, Islam sebagai pergerakan kerap dicurigai akan menjungkalkan pemerintahan Soeharto.

Soeharto sendiri menurut penulis buku Militer Indonesia dan Politik dan Gestapu 65 itu adalah merupakan sosok militer dan presiden yang berasal dari kelompok abangan.

Cak Nur dikisahkan oleh Salim Said bisa menenangkan sikap  militer saat itu dengan pemikiran dia tentang relasi negara dan Islam.

“Dimensi historis dari pemikiran Cak Nur harus mendapat perhatian mendalam. Bagaimana berubahnya sikap pemerintah orba terhadap Islam di Indonesia. Terutama dari elemen militer yang takut sekali pada Islam,” ungkap Salim Said dalam peluncuran "Center For Nurcholis Madjid Studies" di Universitas Paramadina, Jakarta, Kamis (2/6/2022).

Hubungan negara dan Islam serta militer Orde baru mulai cair karena pemikiran Cak Nur.

Apalagi, menurut Salim Said, di tengah milter orde baru yang sedang gencar mencurigai Islam dan kelompok-kelompok Islam waktu itu. 

“Dikemudian hari sikap dan pemikiran Cak Nur bisa menenangkan pihak militer untuk mengurangi kecurigaan kepada umat Islam,” tambahnya.

Baca Juga: Cerita Mantan Hakim MK soal Cak Nur dan Gus Dur yang Jarang Diketahui, Antara Pemikiran dan Praktik

Dari mana datangnya ketakutan militer Orde baru terhadap Islam?



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


VOD

Sosok Ferry Mursyidan di Mata Presiden Jokowi

Jumat, 2 Desember 2022 | 23:18 WIB
Close Ads x