Kompas TV video vod

Siswa di Banjarbaru Manfaatkan Barang Bekas jadi Lampu Hias

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 21:35 WIB
Penulis : Theo Reza

BANJARBARU, KOMPAS.TV - Barang bekas berupa pipa dimanfaatkan menjadi lampu hias oleh sejumlah siswa SMK di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Prakarya siswa ini ditujukan untuk mendorong siswa berkreatif dan inovatif sebagai dasar berwirausaha.

Berawal dari banyaknya limbah pipa pipa bekas yang tak terpakai disekitar sekolah mereka. Para siswa SMK Telkom di Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan ini akhirnya mencetuskan ide membuat lampu hias berbahan limbah tersebut.

Proses pembuatan lampu dimulai dari perancangan desain motif. Dengan menggabungkan teknologi editing foto dan imajinasi siswa atau dikombinasikan dengan motif yang sudah ada dipasaran guna menambah variasi. 

Baca Juga: Limbah Organik Menjadi Ecoenzym Kaya Manfaat

Desain yang sudah jadi dicetak dan dipotong diruang unit produksi. Pada proses ini diperlukan ketelitian supaya hasil pemotongan bisa dipasangkan dengan bahan pendukung lainnya.

Pembuatan lampu hias dari bahan limbah pipa akan terus dikembangkan dan tidak menutup kemungkinan bisa diproduksi secara massal jika sudah memenuhi standar industri.

Kedepannya, lampu hias akan dikembangkan dengan inovasi teknologi terkini dan diremot melalui handphone untuk mematikan dan menghidupkannya

Video Editor: Febi Ramdani



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.