Kompas TV regional berita daerah

Manfaatkan Wabah PMK, Pedagang Beli Sapi dengan Harga Murah

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 16:35 WIB
Penulis : KompasTV Jember

LUMAJANG, KOMPAS.TV - Merebaknya wabah penyakit mulut dan kuku di Lumajang Jawa Timur banyak dimanfaatkan oleh sejumlah oknum untuk membeli hewan ternak dengan harga murah. Pemkab setempat pun menghimbau kepada peternak agar selalu mewaspadai niat buruk oknum tersebut.

Jumlah sapi, yang sakit dan mati setiap hari di Kabupaten Lumajang, terus bertambah. Berbagai upaya sudah dilakukan oleh peternak, mulai dari penyemprotan disinfektan, memeriksakan hewan ternak ke petugas kesehatan hewan hingga pemberian jamu herbal. Namun tidak membuahkan hasil dan banyak sapi mati.

Baca Juga: DPRD Lumajang Meminta Penanganan Wabah PMK Terbuka Seperti Covid-19

Sebagian peternak menyiasati wahab PMK dengan menjual hewan ternak mereka kepada pedagang dengan harga murah. Kondisi itu pun dimanfaatkan oleh pedagang untuk meraup untung besar.

Pemerintah menghimbau kepada peternak agar tidak mudah terpengaruh bujuk rayu pedagang, yang ingin membeli hewan ternak dengan harga murah.

Untuk mengantisipasi penyebaran wabah PMK, Pemkab Lumajang sudah mensterilisasi sejumlah pasar hewan selama 2 pekan. Selama masa sterilisasi, pedagang dilarang melakukan transaksi di dalam pasar hewan.

 

#PedagangSapi #PeternakSapi #WabahPMK



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x