Kompas TV regional peristiwa

Gibran Komentari Dua CPNS Kota Solo yang Mengundurkan Diri karena Alasan Gaji

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 13:24 WIB
gibran-komentari-dua-cpns-kota-solo-yang-mengundurkan-diri-karena-alasan-gaji
Mundurnya dua calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Solo membuat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka geram. (Sumber: KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Mundurnya dua calon pegawai negeri sipil (CPNS) di Solo membuat Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka geram. 

Diketahui, Dua CPNS itu mengundurkan diri setelah dinyatakan lolos seleksi dengan alasan gaji kecil dan tidak susuai ekspektasi. 

Meski pengunduran diri dilakukan sebelum pengangkatan, namun keputusan tersebut, kata Gibran tetap merugikan, tidak hanya untuk instansi, namun juga bagi pendaftar lain yang gagal lolos.

"Jangan kayak gitu lagi. Merugikan itu. Pak Menpan RB (Tjahja Kumolo) juga marahkan," kata Gibran di Kota Solo, Jawa Tengah, Kamis (2/6/2022). 

Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini lantas mengungkapkan gaji kecil merupakan konsekuensi sebagai PNS. Dia kemudian menyarankan jika ingin cepat kaya jangan menjadi PNS.

"Nak pengin gaji besar ya ojo dadi PNS (kalau pengin gaji besar ya jangan jadi PNS). Wis rak cetho (sudah tidak jelas), rak mutu itu," kata dia menegaskan.

"Rasah daftar rene nak pengin sugih (jangan daftar di sini kalau ingin kaya). Di sini untuk pelayanan publik.  Sudah daftar, melu (ikut) tes, mengundurkan diri, kurang ajar itu," sambungnya.

Baca Juga: Dua CPNS Kota Solo Pilih Mengundurkan Diri, Diduga karena Gaji Tak Sesuai Ekspektasi

Senada dengan Menpan RB Tjahja Kumolo, Gibran lantas meminta para CPNS yang mengundurkan diri ini untuk berbisnis apabila ingin mendapat penghasilan lebih, alih-alih ikut seleksi.

"Nak pengin sugih dadi pengusaha (kalau pengin kaya jadi pengusaha). Rasah daftar (CPNS) di sini," kata Gibran.

Sebelumnya, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solo Dwi Ariyatno mengungkapkan dua CPNS di Kota Solo yang mengundurkan diri itu bagian formasi dari tenaga kesehatan. 

"Kemarin itu yang mundur dokter gigi sama psikolog klinis," kata Diwi seperti dilansir dari TribunSolo.com.

Sementara soal sanksi, Dwi menjelaskan bahwa pengunduran dua CPNS itu dilakukan seusai pengumuman atau sebelum menerima Surat Keterangan (SK) pengangkatan. Sehingga, keduanya tidak mendapatkan sanksi.

"Kemarin yang dikatakan BKN (Badan Kepegawaian Negara), kalau ada CPNS yang sudah mendapat SK pengangkatan (lalu) mundur, itu kena sanksi. Tapi kalau sejak diumumkan sebelum pengangkatan masih pemberkasan, mundur tidak kena sanksi," paparnya. 

Terkait pengunduran diri itu, Dwi mengatakan, pihaknya langsung mencari pengganti yang diambil sesuai dengan nomor urut atas saat tes CPNS.

Baca Juga: Kecam! Gibran Proses Penyebar Hoax Menara Masjid Sriwedari Roboh, Bikin Geger CFD



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x