Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Dua Kolonel Rusia Kritik Pedas Putin dan Shoigu, Tanda Perpecahan di Militer Rusia?

Kompas.tv - 2 Juni 2022, 10:39 WIB
dua-kolonel-rusia-kritik-pedas-putin-dan-shoigu-tanda-perpecahan-di-militer-rusia
Presiden Rusia, Vladimir Putin. Dua kolonel Rusia dikabarkan telah mengkritik Putin dan Menteri Pertahanan Sergei Shoigu. (Sumber: Sputnik, Kremlin Pool Photo via AP)
Penulis : Haryo Jati | Editor : Desy Afrianti

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kabar perpecahan di militer Rusia dikabarkan telah terjadi, setelah dua kolonel negara itu kedapatan mengkritik pedas Presiden Rusia Vladimir Putin.

Selain Putin, kedua kolonel itu juga diketahui menghina Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu.

Sebuah rekaman audio yang diterima dari Badan Intelijen Ukraina menunjukkan bukti dua kolonel Rusia yang diketahui sebagai Letnan Kolonel Maxim Vlasov dan Vitaly Kovtun dengan keras mengkritik serangan operasi militer khusus Putin.

Tiga rekaman audio bertanggal 14 April, telah dibagikan oleh Radio Free Europa.

Baca Juga: ‘Serangan Gila’ Rusia Pukul Mundur Pasukan Ukraina di Sievierodonetsk, Setengah Kota Dikuasai Rusia

Itu merupakan rekaman antara Vlasov dan Kovtun yang membicarakan mengenai operasi militer khusus di Ukraina, juga mengenai pemimpinnya.

Keduanya merupakan petinggi militer yang memerintah divisi rudal pada saat penyerangan di Mariupol pada 2015 dan dokter militer dari Vinnitsa.

Mereka juga mengungkapkan memiliki kerabat di Ukraina.

Menurut penyiaran Ukraina, rekaman itu telah dianggap otentik oleh jurnalis, tetapi klip tersebut belum diverifikasi secara independen.

Dikutip dari Newsweek, pada rekaman yang tersebar di Youtube, Vlasov menyebut Shoigu sebagai sosok yang tak kompeten dan hanya seorang penampil.



Sumber : Newsweek

BERITA LAINNYA



Close Ads x