Kompas TV regional berita daerah

Memprihatinkan, Kantor Desa Panikel, Cilacap Rusak dan Terisolasi

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 16:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Daerah terisolasi kerap kurang mendapatkan perhatian dari pemerintah daerah maupun pusat. Seperti di wilayah Kampung Laut, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, dimana terdapat kantor desa yang terbilang sangat memprihatinkan karena kondisi bangunannya sudah mengalami kerusakan.

Tidaklah mudah untuk bisa menuju ke Desa Panikel, perjalanan masuk desa bisa ditempuh dengan jalur darat maupun air. Untuk menjaungkau daerah ini memang terbilang susah. Karenanya, Desa Panikel jarang terjamah oleh pemerintah baik di tingkat daerah maupun pusat. Kondisi kantor kepala desa yang memprihatinkan ini sudah mengalami kerusakan selama bertahun-tahun.

Hampir semua bagian bangunan sudah rusak dan rapuh, khususnya ruang kepala desa. Sementara anggaran dari pemerintah daerah dan pusat telah dialokasikan untuk penanganan Covid-19 dan perbaikan jalan kabupaten yang rusak. Menurut Sumaryo, Kepala Desa Panikel yang baru terpilih sejak Maret 2022 lalu, jalan desa sendiri belum tertangani semuanya.

Untuk itu, pihak Desa Panikel berharap pemerintah daerah maupun pusat bisa memberi bantuan alokasi dana khusus untuk merenovasi kantor desa yang rusak.

“Belum ada dana yang bisa digunakan untuk memberikan sebuah kebijakan terhadap renovasi untuk kami bisa lebih representatif di dalam kami mengemban tugas,” ujar Sumaryo.

Perbaikan bangunan Kantor Kepala Desa Panikel saat ini sangat diharapkan agar kinerja dan pelayanan terhadap masyarakat lebih nyaman dan maksimal.

#kabupatencilacap #desapanikel #kantordesapanikel



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x