Kompas TV regional peristiwa

Ratusan Kader PDI-P Gelar Upacara Hari Lahir Pancasila di Tepi Sungai Bengawan Solo

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 15:49 WIB
ratusan-kader-pdi-p-gelar-upacara-hari-lahir-pancasila-di-tepi-sungai-bengawan-solo
Ratusan kader PDI Perjuangan menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tepi Sungai Bengawan Solo, pada Rabu (1/6/2022). (Sumber: Kompas TV/Widi Nugroho)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan Kota Solo, Jawa Tengah, menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tepi Sungai Bengawan Solo, pada Rabu (1/6/2022).

Upacara yang digelar pada Rabu pagi ini, dipimpin langsung oleh Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Solo FX Hadi Rudyatmo dan dihadiri oleh ratusan orang kader di Kota Bengawan, kecuali Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

Rudy mengatakan, Gibran sudah meminta izin tidak bisa ikut upacara Hari Lahir Pancasila karena mengikuti Zoom Meeting bersama Presiden Jokowi.

"Mas Gibran upacara sendiri toh? Sana upacara Zoom sama Presiden. Mas Gibran sudah pamit," kata Rudy seperti dilansir Kompas.com, Rabu (1/6).

Lebih lanjut Rudy mengatakan, upacara yang digelar di tepi sungai ini bukan tanpa tujuan. Menurutnya, ini dilakukan sebagai bentuk upaya menjaga kelestarian sungai sebagaimana mandat dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.

Baca Juga: Geger Hoaks Menara Masjid Sriwedari Ambruk Saat CFD di Solo, Gibran: Kita Akan Cari Pelakunya

"Upacara tahun 2022 ini dilaksanakan di pinggir sungai ini mengandung maksud dan tujuan bahwa komitmen PDI Perjuangan untuk mencintai bumi dan air," ujar Rudy seperti dilaporkan Jurnalis KOMPAS TV Widi Nugroho.

Selain itu, menurutnya upacara di pinggir ini sebagai bentuk mengenang Sungai Bengawan Solo yang bermanfaat bagi masyarakat.

"Kita adakan upacara di Sungai Bengawan Solo supaya Bengawan Solo bukan riwayatmu kini, namun riwayatmu dulu sebagai sungai yang benar-benar bermanfaat bagi masyarakat," terang dia.

Oleh karena itu, ia mengimbau para kader yang rumahnya berada di sekitar anak Sungai Bengawan Solo diminta untuk memanfaatkan sungai itu sebagai peningkatan ekonomi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Rudy juga berpesan kepada seluruh kader yang hadir untuk mempersiapkan Pemilu 2024. Tahun ini, semua partai politik sedang menunggu penetapan Komisi Pemilihan Umum (KPU) terhadap parpol yang lolos sebagai peserta Pemilu 2024.

"Dan 2023 sudah ada penetapan calon anggota legislatif, dan calon presiden. Kita terus melakukan konsolidasi terutama untuk menyolidkan kader PDI-P Solo," terang Rudy.

Baca Juga: Politikus PDIP: Tanpa Berkoalisi PDI Perjuangan Bisa Usung Capres di 2024



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x