Kompas TV regional berita daerah

Hari Lahir Pancasila, Tanamkan Nilai Pancasila Sejak Dini

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 11:08 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Hari Lahir Pancasila jatuh pada tanggal 1 Juni, masyarakat bisa memperingatinya dengan berbagai cara. Seperti yang dilakukan oleh salah satu Sekolah Dasar (SD) di Kota Semarang yakni SD Pekunden. Siswa dan guru melakukan kegiatan yang berbeda dari biasanya dalam memperingati Hari Lahir Pancasila.

Di depan sekolah pihak SD Pekunden menyiapkan lambang garuda pancasila yang telah didekorasi khusus dalam peringatan kali ini, tak hanya siswa, guru serta wali murid juga ditekankan untuk hormat kepada lambang negara indonesia ini saat masuk ke lingkungan sekolah. Tak hanya melakukan hormat dengan pancasila, mereka juga melafalkan lima sila dalam pancasila.

Panca Budi, salah satu wali murid mengaku, mengapresiasi kegiatan memperingati hari lahirnya pancasila pada 1 Juni yang dilaksanakan oleh pihak sekolah karena dinilai positif, yakni menanamkan nilai-nilai pancasila kepada anak-anak.

"Saya sangat mendukung dan suport sekali. Di sini anak-anak ditanamkan nilai-nilai pancasila dan landasan negara," ujar Panca Budi.

"Seluruh warga sekolah yang memasuki SD Pekunden, dari seluruh guru, penjaga, termasuk wali murid dan tamu yang masuk area SD Pekunden ditekankan untuk hormat kepada simbol negara yaitu Pancasila," kata Abdul Khalik, Kepala Sekolah SD Pekunden.

Kegiatan ini diharapkan bisa menggugah kembali rasa nasionalisme seluruh warga sekolah. Sedangkan bagi para siswa, bisa tertanam nilai-nilai pancasila sejak dini dan mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Rencananya kegiatan serupa akan rutin digelar setiap tahunnya.

#harilahirpancasila #semarang #sdpekunden



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x