Kompas TV nasional agama

Wanti-wanti Menag Yaqut untuk Petugas Haji 2022 yang Diberangkatkan ke Tanah Suci Hari Ini

Kompas.tv - 1 Juni 2022, 09:13 WIB
wanti-wanti-menag-yaqut-untuk-petugas-haji-2022-yang-diberangkatkan-ke-tanah-suci-hari-ini
Ilustrasi petugas haji 2022 yang diberangkatkan ke Tanah Suci Hari ini, Rabu (1/6/2022). Mereka mendapatkan pesan dari Menag Yaqut terkait hal ini (Sumber: Kemenag/Burhanudin)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kementerian Agama resmi memberangkatkan 325 petugas haji yang tergabung dalam Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi 1443 H/2022 M. Menag Yaqut yang saat ini berada di Tanah Suci pun menyampaikan pesannya kepada para petugas jemaah haji 2022. 

Pesan itu disampaikan oleh Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief menyatakan, para petugas haji ini yang berangkat hari ini akan memberikan layanan terbaik bagi jemaah haji 2022.

Hal ini sesuai amanat dari Menteri Agama RI Yaqut C. Qoumas atau biasa disapa Menag Yaqut agar haji 2022 berjalan optimal.

Amanat itu diungkapkan Hilman saat melepas keberangkatan petugas haji 1443 H/2022 M di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Rabu.

"Hari ini berangkat 325 petugas, terdiri atas 206 petugas dari Kementerian Agama dan instansi terkait, serta 119 petugas dari Kementerian Kesehatan," ujarnya Rabu (1/6/2022).

Baca Juga: DPR Setuju Usulan Menag Yaqut Dana Operasional Haji 2022 Ditambah Rp 1,5 Triliun, Ongkos Haji Tetap

Ia mengatakan petugas yang diberangkatkan itu untuk memberikan layanan kepada jemaah haji Indonesia.

"Mereka yang berangkat hari ini akan bertugas di Kantor Urusan Haji (KUH) Jeddah, Daerah Kerja Bandara, dan Daerah Kerja Madinah. Mereka akan bertugas dalam layanan akomodasi, konsumsi, transportasi, bimbingan manasik haji, dan kesehatan," katanya.

Dalam kesempatan sama, Staf Khusus Menteri Agama bidang Komunikasi, Media, dan Image Building, Wibowo Prasetyo menitipkan pesan dari Menag Yaqut agar para petugas melaksanakan tugasnya secara maksimal. 

"Sesuai pesan Menag Yaqut Cholil Qoumas, berikan layanan terbaik. Jangan kecewakan jamaah haji Indonesia yang sudah lama menunggu kesempatan beribadah haji," ujarnya.

Ia meminta agar petugas membantu para jamaah haji melaksanakan ibadah dengan baik dan nyaman.

"Jadikan ibadah haji tahun ini sebagai pengalaman terbaik mereka. Siapkan bahu kita untuk membantu mereka melaksanakan ibadah dengan baik dan nyaman," ujarnya. 

Ia pun mewanti-wanti agar para petugas haji 2022 melakukan tugasnya dengan maksimal. 

"Lakukan ini semaksimal mungkin," tuturnya.

Sebelumnya, telah diberangkatkan Tim Advance Haji 2022 ke Arab Saudi. Ada 14 petugas yang sudah berangkat pada 29 Mei, dan 16 petugas berangkat 31 Mei.

Mereka ini akan bertugas sekitar 90 hari atau paling lama di antara semua petugas haji.

Sedangkan tim advance bertugas melakukan pengecekan akhir semua prosesi operasional haji.

Mereka juga akan memastikan semua kebutuhan layanan siap beroperasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x