Kompas TV regional berita daerah

Suara Warga Sepaku Di KIPP IKN Nusantara

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 21:26 WIB

PENAJAM PASER UTARA, KOMPAS.TV - Perpindahan IKN menuju Kalimantan Timur sudah menjadi proses lanjutan dari pembangunan IKN Nusantara, perencanaan pun mulai dicanangkan untuk persiapan pindahnya IKN ke nusantara secara menyeluruh.

Kecamatan Sepaku yang terletak di Penajam Paser Utara adalah salah satu dari bagian perencanaan pembangunan ibu kota Negara, dimana nantinya akan menjadi kawasan inti pusat pemerintahan IKN Nusantara.

Sejak ditetapkannya Kecamatan Sepaku sebagai wilayah IKN Indonesia, berbagai gugatan terkait sengketa lahan yang tidak memiliki legalitas mulai muncul di tengah masyarakat Sepaku, namun hal itu tak menghentikan langkah pemerintah untuk tetap melanjutkan proses pembangunan.

Rencana perpindahan ini mendapat respon dari warga Sepaku, Siti Juharianti selaku ketua Rt mengungkapkan, sosialisasi yang dilakukan pemerintah baru dilakukan bersama pemerintahan desa dan sampai saat ini belum ada pembahasan lebih lanjut terkait relokasi di wilayah Sepaku. Perihal pindahnya ibu kota ke wilayah Sepaku, diungkapkan oleh Siti membuat warga merasa bangga.

Namun, ada hal yang diharapkan oleh nya sebagai perwakilan dari masyarakat, ia berharap jika mereka harus dipindahkan setidaknya ada tempat yang layak untuk mereka tempati, ia juga berharap agar bisa ditempatkan berdampingan dengan wilayah KIPP.

Hal yang sama juga diungkapkan oleh Ahmad Saipul selaku warga sekitar, ia mengaku merasa bangga jika tempatnya menjadi kawasan ibu kota Negara. Namun ia meminta agar pemerintah memperhatikan nasib warganya, apabila terjadi relokasi wilayah dikarenakan masyarakat sekitar masih memiliki mata pencaharian di kawasan KIPP.

#IKNNusantara#KawasanKIPP#WargaSepaku



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x