Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Kemhan Rusia Klaim Temukan 152 Jasad Kombatan Ukraina di Azovstal Mariupol, Ditanami Ranjau

Selasa, 31 Mei 2022 | 20:06 WIB
kemhan-rusia-klaim-temukan-152-jasad-kombatan-ukraina-di-azovstal-mariupol-ditanami-ranjau
Ilustrasi. Petugas dari Republik Rakyat Donetsk (DPR) menjinakkan ranjau Ukraina yang ditanam di areal Pelabuhan Mariupol, 29 April 2022. Pada Selasa (31/5/2022), Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim telah menemukan 152 jasad kombatan Ukraina yang ditumpuk di dalam sebuah truk di kompleks pabrik baja Azovstal, Mariupol. Di antara mayat-mayat itu terdapat ranjau. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Kementerian Pertahanan Rusia mengeklaim telah menemukan 152 jasad kombatan Ukraina yang ditumpuk di dalam sebuah truk di kompleks pabrik baja Azovstal, Mariupol, benteng terakhir pasukan Ukraina ketika mempertahankan kota pelabuhan tersebut.

Juru bicara Kementerian Pertahanan Rusia Mayjen Igor Konashenkov menyebut, terdapat empat ranjau yang ditanam di antara jasad-jasad itu untuk menjebak pasukan Rusia. Konashenkov menuduh jebakan itu sengaja diperintahkan rezim Kiev untuk memprovokasi Moskow.

“Dalam sebuah truk dengan sistem pendingin yang tak menyala, 152 jasad milisi dan petugas Angkatan Bersenjata Ukraina ditemukan,” kata Konashenkov dikutip TASS, Selasa (31/5/2022).

Baca Juga: Usai Bersihkan Ranjau di Pelabuhan Mariupol, Rusia Singkirkan Puing dan Buka Layanan Kesehatan

Menurut Konashenkov, empat ranjau yang ditemukan unit pencari ranjau Rusia memiliki kekuatan ledakan yang bisa menghancurkan seluruh jasad di truk itu.

Lebih lanjut, Konashenkov menyatakan bahwa berdasarkan interogasi terhadap kombatan Resimen Azov, penanaman ranjau di antara tumpukan mayat adalah perintah langsung dari Kiev.

Konashenkov menuduh Kiev berupaya menghancurkan jasad-jasad serdadu untuk “menyelamatkan reputasi politis” pemerintah Ukraina dan Presiden Volodymyr Zelensky.

Konashenkov sendiri mengeklaim Moskow berniat memulangkan jasad-jasad pasukan Ukraina yang ditemukan di Azovstal kepada pihak keluarga dalam waktu dekat.

Kompleks pabrik baja Azovstal adalah tempat sisa-sisa pasukan pertahanan Mariupol mempertahankan diri selama berpekan-pekan di tengah gempuran Rusia. Pasukan Ukraina kemudian menyerah hingga Rusia mendeklarasikan kemenangan penuh di Mariupol pada 20 Mei lalu.

Baca Juga: Blokade Pelabuhan Ukraina, Zelensky Tuduh Rusia Ingin Ciptakan Krisis Pangan


 


Sumber : TASS

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x