Kompas TV internasional kompas dunia

Temui Joe Biden, PM Selandia Baru Jacinda Ardern Dorong Keterlibatan AS di Kawasan Indo-Pasifik

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 17:33 WIB
temui-joe-biden-pm-selandia-baru-jacinda-ardern-dorong-keterlibatan-as-di-kawasan-indo-pasifik
Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern (Sumber: Associated Press)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

WELLINGTON, KOMPAS.TV - Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern akan bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden di Gedung Putih untuk membahas sejumlah urusan, termasuk keterlibatan AS di kawasan Indo-Pasifik pada Selasa (31/5/2022).

Jacinda menjelaskan bahwa pihaknya akan mendorong AS untuk melanjutkan dan memperkuat keterlibatannya di kawasan Indo-Pasifik.

"Kami akan mendorong Amerika Serikat untuk benar-benar melanjutkan dan memperkuat keterlibatan di kawasan kami (Indo-Pasifik), termasuk keterlibatan ekonomi, yang sangat penting bagi kawasan kami," ujarnya dikutip dari Antara.

Baca Juga: PM Selandia Baru Jacinda Ardern Diserang Media China setelah Beri Dukungan untuk Australia

Pertemuan itu menjadi lebih penting karena Selandia Baru dalam beberapa pekan terakhir telah mengungkapkan keprihatinannya tentang pengaruh China di kawasan Indo-Pasifik menyusul kabar bahwa Beijing telah menandatangani pakta keamanan dengan Kepulauan Solomon.

"Yang paling penting bagi kami, di samping situasi di Ukraina, adalah situasi di kawasan kami," kata Jacinda kepada media Selandia Baru saat konferensi pers di Washington, AS.

China berusaha mengembangkan pengaruhnya di kawasan Indo-Pasifik dan Menteri Luar Negeri Wang Yi saat ini berada di Tonga sebagai bagian dari tur di kawasan Pasifik.

Baca Juga: Joe Biden: Amerika Serikat Tidak akan Kirim Roket yang Bisa Jangkau Rusia ke Ukraina

Jacinda mengatakan selain bertemu dengan Biden, dia juga dijadwalkan bertemu dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris, Menteri Luar Negeri Antony Blinken, dan Koordinator AS untuk Indo-Pasifik Kurt Campbell.

"Ini bukan tentang pengumuman. Ini bukan tentang inisiatif baru. Ini sebenarnya tentang hubungan," kata Ardern.

Jacinda mengunjungi AS sebagai bagian dari delegasi perdagangan yang mempromosikan Selandia Baru dan bisnis.



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x