Kompas TV olahraga kompas sport

Sandy Walsh dan Jordi Amat Belum Bisa Bela Timnas Indonesia, Begini Tanggapan Shin Tae-yong

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 17:21 WIB
sandy-walsh-dan-jordi-amat-belum-bisa-bela-timnas-indonesia-begini-tanggapan-shin-tae-yong
Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia, Jordi Amat (kanan) dan Sandy Walsh (kiri). (Sumber: Instagram PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

BANDUNG, KOMPAS.TV - Shin Tae-yong memberikan tanggapannya mengenai kepastian Sandy Walsh dan Jordi Amat yang belum bisa memperkuat Timnas Indonesia di ajang Kualifikasi Piala Asia 2023.

Seperti yang diketahui, PSSI mengatakan bahwa proses naturalisasi Sandy dan Jordi belum rampung sehingga belum resmi menjadi seorang WNI. 

Alhasil, keduanya pun tak akan membela Garuda meski sekarang telah bergabung dengan tim untuk ikut pemusatan latihan di Bandung. 

Mengenai hal ini, Shin Tae-yong pun memberikan tanggapannya. 

Pelatih asal Korea Selatan itu menilai, situasi naturalisasi untuk Sandy Walsh dan Jordi Amat memang 50-50 karena mepetnya waktu. 

Namun dia tetap mengucapkan terima kasih kepada PSSI dan pemerintah Indonesia yang tetap berusaha untuk segera menyelesaikan proses naturalisasi Sandy dan Jordi. 

"Soal naturalisasi, memang situasinya 50-50, jadi tetap saya berterima kasih pada pemerintah dan PSSI yang mengurus naturalisasi dengan baik," kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang laga melawan Bangladesh, Selasa (31/5/2022). 

Meski sedikit menyayangkan Sandy dan Jordi tak bisa memperkuat Timnas Indonesia, Shin mengaku sudah menyiapkan plan B untuk tampil tanpa keduanya di Kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga: Pelatih Shin Tae-yong Genjot Latihan Skuad Timnas Indonesia

"Plan A memang Walsh dan Amat masuk rencana, tetapi saya juga punya plan B untuk besok (melawan Bangladesh) tanpa mereka dan juga di kualifikasi Piala Asia," lanjut Shin.

"Kalau (Jordi) Amat dan (Sandy) Walsh dapat paspor, pastinya bisa memperkuat Timnas."

"Secara taktik, memang sedikit disayangkan tak ada keduanya. Akan tetapi, kami tetap akan mempersiapkan tim dengan baik," ujarnya. 

Hal senada juga diungkapkan kapten Timnas Indonesia, Fachrudin Aryanto. 

Fachrudin berharap baik Sandy dan Jordi bisa ikut memperkuat Timnas Indonesia. Namun setelah dipastikan belum bisa, dia menegaskan rekan-rekannya tetap harus siap untuk bertanding di Kualifikasi Piala Asia 2023.

"Kita juga berharap Sandy Walsh dan Jordi Amat bisa memperkuat Timnas Indonesia. Tapi kalau tidak bisa, para pemain tetap harus siap untuk tampil di Kualifikasi Piala Asia," ujar pemain Madura United itu. 

Timnas Indonesia akan menghadapi Bangladesh dalam laga uji coba FIFA pada Rabu (1/6/2022) besok di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung. 

Laga ini akan menjadi persiapan terakhir Timnas Indonesia sebelum tampil di Kualifikasi Piala Asia 2023 pekan depan.

Pada Kualifikasi Piala Asia 2023, Indonesia tergabung di grup A bersama tuan rumah Kuwait, Yordania dan Nepal.

Baca Juga: Marc Klok: Timnas Indonesia Siap Hadapi Bangladesh!



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x