Kompas TV nasional hukum

Telan Kerugian Negara Rp1,2 Triliun, Kasus Korupsi PT Waskita Beton Resmi Naik ke Tahap Penyidikan

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 16:36 WIB
telan-kerugian-negara-rp1-2-triliun-kasus-korupsi-pt-waskita-beton-resmi-naik-ke-tahap-penyidikan
Tangkapan layar Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana (kiri) dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Pressroom Puspenkum Kejaksaan Agung RI Jakarta, Selasa (31/5/2022). (Sumber: ANTARA/Putu Indah Savitri)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Jaksa Penyidik Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus memperkirakan kerugian keuangan negara pada kasus dugaan korupsi PT Waskita Beton Precast mencapai Rp1,2 triliun.

Demikian hal tersebut disampaikan oleh Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung (Kapuspenkum Kejagung) Ketut Sumedana.

Baca Juga: Lowongan Kerja Waskita 2022 Dibuka untuk D3-S1, Ini Syarat dan Benefitnya, Buruan Daftar!

"Dalam perkara ini, berdasarkan perhitungan sementara oleh Tim Jaksa Penyidik, mengakibatkan kerugian keuangan negara sekitar kurang lebih Rp1,2 triliun," katanya dalam konferensi persnya di Jakarta pada Selasa (31/5/2022).

Ketut menjelaskan status penanganan Perkara Dugaan Tindak Pidana Korupsi Penyimpangan dan atau Penyelewengan Penggunaan Dana PT Waskita Beton Precast pada 2016 hingga 2020 itu resmi naik ke tahap penyidikan.

Hal itu setelah diterbitkannya Surat Perintah Penyidikan Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Nomor: Print-24/F.2/Fd.2/05/2022 tanggal 17 Mei 2022.

Baca Juga: Yakin Ahmad Sahroni Lakukan Korupsi, Adam Deni: Biar Sama-sama Masuk Penjara

Adapun sejumlah penyimpangan dalam pelaksanaan penggunaan dana oleh PT Waskita Beton Precast terjadi pada proyek pembangunan Tol Kriyan Legundi Bunder dan Manyar (KLBM).

Kemudian, pekerjaan untuk memproduksi Tetrapod dari PT Semutama, pengadaan batu split dengan penyedia PT Misi Mulia Metrical (PT MMM), serta pengadaan pasir oleh rekanan atas nama PT Mitra Usaha Rakyat atau PT MUR.

Selain itu, Sumedana juga mengatakan terdapat permasalahan atas transaksi jual beli tanah Plant Bojonegara, Serang, Banten.

Baca Juga: Istri Dirjen di Kemendag Diperika Kejaksaan untuk Usut Korupsi Ekspor CPO

Hingga Senin, 30 Mei 2022, kata dia, Tim Jaksa Penyidik telah melakukan pemeriksaan kepada 17 orang saksi yang terkait dengan perkara ini. 

Tim Jaksa Penyidik juga telah melakukan penggeladahan di 3 lokasi, yaitu Kantor Pusat PT Waskita Beton Precast, Tbk pada Rabu (18/5), serta Plant Karawang di Karawang dan Plant Bojonegara di Serang pada Kamis (19/5).

“Dari hasil penggeledahan tersebut, Tim Jaksa Penyidik telah melakukan penyitaan berupa dokumen-dokumen dan telah juga dilakukan pemeriksaan terhadap 17 orang. 17 orang saksi, ya," tutur Sumedana.

Baca Juga: ICW Sebut KPK, Kejagung, MA Lebih Pikirkan Keadilan Terdakwa Ketimbang Korban Korupsi

 



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x