Kompas TV regional berita daerah

Tunggakan Gaji Belum Dibayar, Tenaga Kebersihan Demo

Kompas.tv - 31 Mei 2022, 16:24 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV, LAMPUNG – Pada Jumat (27/5/2022) lalu, sekelompok Tenaga Kerja Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandar Lampung menggelar demo di depan kantor DPRD setempat.

Bukan tanpa alasan, para demonstran ini menuntut pemerintah untuk segera membayarkan satu bulan gaji mereka.

Tak hanya itu, para demonstran juga menyebut selama ini biaya perawatan kendaraan dan seragam kerja pun ditanggung secara mandiri.

Baca Juga: Melawan Jambret, Bocah SD Alami Luka Tusuk

Juru Bicara Peserta Persatuan Petugas Kebersihan Lingkungan (P2KBL) Arfan mengatakan, para demonstran juga meminta kenaikan gaji sesuai dengan Upah Minimum Kota (UMK) Bandar Lampung, serta meminta asuransi BPJS Ketenagakerjaan yang diduga juga mengalami tunggakan bisa segera diselesaikan.

“Jadi, masih ada tunggakan satu bulan gaji Pemerintah Bandar Lampung terhadap petugas kebersihan. Yang kedua, kami juga meminta transparansi terkait sarana dan prasarana,” jelasnya,

Gelar aksi unjuk rasa sendiri dilakukan bersamaan dengan adanya helat Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia (APEKSI) ke-22 di Kota Bandar Lampung.

Menanggapi adanya aksi tersebut, PLT Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bandar Lampung Muhamad Nur Ramdhan membenarkan adanya tunggakan gaji tenaga kebersihan selama satu bulan di tahun 2021.

Ia mengatakan, hal tersebut terjadi akibat adanya kepentingan mendadak yang mesti dibayarkan. BPKAD berjanji akan segera mengurus pembayaran tunggakan upah para tenaga kebersihan Bandar Lampung.

Baca Juga: Harga Cabai Meroket hingga 70 Ribu Per Kilogram

“Hak dia (tenaga kebersihan) yang belum kita bayarkan itu ada di bulan sebelas dan dua belas. Sudah direalisasikan, untuk bulan yang terakhir memang kita tunda karena mendadak ada kepentingan yang harus dibayar,” kata dia.

#demotenagakebersihan #unjukrasa #tunggakangaji



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x