Kompas TV regional berita daerah

Pemkab Jember Gelar Apel Siaga Bencana Alam di Lereng Gunung Argopuro

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 19:30 WIB
Penulis : KompasTV Jember

JEMBER, KOMPAS.TV - Pemerintah Kabupaten Jember Jawa Timur menggelar apel siaga bencana alam di kawasan lereng pegunungan argopuro, pada Senin (30/5/2022). Apel kesiapsiagaan dilakukan dengan simulasi penanganan dan proses evakuasi korban bencana.

Apel siaga bencana alam digelar Desa Klungkung, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember yang merupakan kawasan lereng gunung argopuro.

Kegiatan itu sebagai bentuk kesiapan, tanggap dan penanggulangan bencana alam. Untuk upaya tanggap bencana alam dimulai dari kesiapan setiap warga sebelum datangnya pertolongan.

Dalam apel siaga itu, seluruh peserta mengikuti simulasi penanganan pertama yang dilakukan oleh warga. Mereka melakukan evakuasi mandiri sebelum datangnya pertolongan hingga melakukan trauma healing bagi warga terdampak bencana.

Bupati Jember, Hendy Siswanto berharap dengan simulasi itu, warga, relawan dan BPBD semakin siap saat terjadi bencana sehingga jatuhnya korban dapat dihindari.

Baca Juga: Memasuki Cuaca Ekstrem, Kesiapsiagaan Relawan Bencana Ditingkatkan

Kabupaten Jember berada di kawasan rawan bencana. Ada 4 titik kerawanan bencana yang terbentang dari Kecamatan Tanggul hingga Mayang. Mulai dari banjir bandang, tanah longsor hingga gempa bumi.

  Untuk mengantisipasi bencana banjir bandang atau luapan sungai kalijompo, Pemkab Jember akan membangun drempel beton.

 

#ApelSiagaBencana #SimulasiBencanaAlam #PemkabJember



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x