Kompas TV nasional politik

ICW pun Komentari Spanduk Bergambar Ketua KPK Firli Bahuri

Kompas.tv - 30 Mei 2022, 11:57 WIB
icw-pun-komentari-spanduk-bergambar-ketua-kpk-firli-bahuri
Spanduk bergambar Ketua KPK Firli Bahuri dan memuat tulisan dukungan terhadap Firli untuk maju dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024. (Sumber: Kompas.com/Istimewa)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Indonesia Corruption Watch (ICW) menyoroti pemunculan gambar wajah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dalam spanduk yang dikaitkan pada Pemilu Presiden 2024.

ICW mengkritisi, sepatutnya tokoh-tokoh dalam spanduk untuk Pemilu Presiden ditampilkan figure yang dapat menjadi teladan bagi masyarakat Indonesia.

Demikian Peneliti ICW Kurnia Ramadhana merespons munculnya spanduk itu dalam keterangan tertulis yang diterima KOMPAS TV, Senin (30/5/2022). 

“Pertama, ICW berharap tokoh-tokoh dalam spanduk atau baliho ialah figur-figur yang bisa dijadikan teladan bagi masyarakat Indonesia, bukan justru pejabat yang sempat tersandung kode etik berulang kali,” ujar Kurnia Ramadhana.

Baca Juga: ICW Minta Dewas KPK Periksa Spanduk Dukungan Firli Bahuri Jadi Capres 2024, Langgar Kode Etik?

Selain itu, kata Kurnia, ICW juga mendesak Dewan Pengawas KPK untuk bergerak menelusuri menjamurnya spanduk dan baliho Ketua KPK Firli Bahuri. Sebab, spanduk dan baliho bergambar wajah Firli Bahuri bukan kali pertama terjadi.

“Menjamurnya spanduk atau baliho Ketua KPK mestinya menggerakkan Dewan Pengawas untuk menelusurinya lebih lanjut,” kata Kurnia.

“Sebab, ini bukan kali pertama terjadi,” lanjutnya.

Tak hanya itu, lanjut Kurnia, dikhawatirkan spanduk dan baliho memang dikondisikan untuk kepentingan politik dengan mengatasnamakan KPK dan jabatan.

“Hal yang dikhawatirkan oleh masyarakat, jika kemudian spanduk atau baliho tersebut memang dikondisikan untuk menarik atensi masyarakat demi kepentingan politik dengan mengatasnamakan lembaga KPK dan memanfaatkan jabatannya,” ucap Kurnia.

Baca Juga: Wakil Ketua KPK Nawawi Menanggapi Mendadak Spanduk Bergambar Firli Bahuri

“Ini penting disampaikan, sebab, jika terjadi maka dapat dipersoalkan secara etik karena melanggar Pasal 4 ayat (1) huruf d PerDewas 2/2020,” lanjutnya.

Sebagai informasi, di Banten, terdapat spanduk yang memuat foto Firli beserta tulisan "Masyarakat Banten Mendesak Tokoh Anti Korupsi Maju di Pilpres 2024" serta "#DukungIndonesiaBersih".

Tak hanya di Banteng, di sejumlah daerah lain juga ada spanduk yang memuat foto Firli dan tulisan "Kami Butuh Presiden yang Getol Berantas Korupsi" serta "Firli Bahuri untuk Indonesia".

Tak jelas siapa yang memasang sepanduk itu. Tak disebut pula apa kaiatan Firli dengan pemasang maupun pemasangan spanduk tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x