Kompas TV regional berita daerah

Kerusakan Danau Limboto Dan Upaya Penyelamatannya

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 15:33 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Bebas mencari ikan dengan mengayuh perahu hingga ke tengah danau kini tak bisa lagi dilakukan warga yang berdomisili dilingkar Danau Limboto Gorontalo.

eceng gondok yang kini memenuhi hampir menutupi danau, membuat sejumlah nelayan hanya bisa mencari ikan di pinggiran saja.

Nelayan yang nekad mengayuh perahunya hingga ke bagian tengah danau, harus berpikir dua kali, karena risikonya cukup besar. Beberapa kali kejadian, nelayan yang berhasil mencapai tengah danau, banyak yang terjebak eceng gondok hingga tak bisa kembali.

Eceng gondok merupakan salah satu dampak buruk yang dirasakan langsung warga. Berdasarkan data, danau yang dulunya memiliki luas 7000 hingga 8000 hektar, kini berkurang menjadi 3000 hektar.

Tak hanya itu, akibat sedimentasi kedalaman danau yang dulunya mencapai 50 meter kini mengalami pendangkalan. kedalaman danau saat ini berada di 2 hingga 2,5 meter saja.

Masuk dalam daftar 15 danau perioritas yang menjadi perhatian pemerintah, sejak tahun 2014, revitasilasi mulai dilaksanakan, namun hingga kini masih menemui sejumlah kendala.

Tak tuntas tuntasnya persoalan yang ditemui, membuat Komisi Pemberantasan Korupsi turun langsung melakukan pertemuan dengan pemerintah setempat bahkan stakeholder terkait, guna mempercepat penyelamatan Danau Limboto.

 

#danaulimboto

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x