Kompas TV olahraga kompas sport

Bikin Bangga Indonesia, Veddriq Leonardo Juara Dunia Panjat Tebing Seri Speed Climbing IFSC 2022

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 14:38 WIB
bikin-bangga-indonesia-veddriq-leonardo-juara-dunia-panjat-tebing-seri-speed-climbing-ifsc-2022
Veddriq Leonardo juara pertama speed climbing IFSC Boulder and Speed World Cups hari ini, Sabtu  mencatat waktu 6,33 detik mengalahkan Tobias Plannger dari Austria (Sumber: IFSC Boulder and Speed World Cups)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

SALT LAKE CITY, KOMPAS.TV - Veddriq Leonardo dari Indonesia meraih medali emas speed pada ajang IFSC Boulder and Speed World Cups di Salt Lake City, Utah, Amerika Serikat (AS), Sabtu (28/5/2022) WIB atau Jumat malam waktu setempat.

Melansir Associated Press, Veddriq menjadi yang tercepat usai mengalahkan saingannya di final speed climbing melawan Tobias Plannger asal Austria.

Veddriq memenangkan perlombaan melawan Tobias Plannger dari Austria, yang kehilangan pegangannya dan tergelincir lebih awal meninggalkan Leonardo dengan kemenangan mudah dalam 6,33 detik.

"Terima kasih. Saya merasa luar biasa hari ini, saya meraih medali emas dan rekan setim saya membuat rekor dunia, luar biasa. Saya membuat sejarah untuk yang kedua kalinya," kata Veddriq.

Keberhasilan medali emas Veddriq Leonardo datang menyusul rekor dunia Speed Climbing rekan setimnya Kiromal Katibin yang mencatat waktu 5,10 detik di tahap kualifikasi.

Baca Juga: Atlet Panjang Dinding Indonesia, Kiromal Katibin Bawa Pulang Medali Emas dari IFSC Amerika Serikat!


Di nomor putri, atlet Olimpiade Tokyo 2020 Aleksandra Miroslaw dari Polandia mengalahkan favorit tuan rumah Emma Hunt, memenangkan perlombaan dalam waktu 6,54 detik.

“Untungnya saya berada di tempat ini di Seoul ketika saya memecahkan rekor dunia dalam kualifikasi, jadi itu bukan hal baru bagi saya. Dan untuk saat ini saya fokus untuk menjadi tepat dan tidak melakukan kesalahan, dan itu berhasil," ungkap Aleksandra Miroslaw.

Sebelumnya, Miroslaw memecahkan rekor dunia atas namanya sendiri pada babak kualifikasi dengan menyelesaikan tanjakan dalam waktu 6,53 detik.

Sport Climbing dimasukkan sebagai salah satu cabang olahraga (cabor) yang diperlombakan pada ajang Olimpiade untuk pertama kalinya di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 dan juga akan ditampilkan di Olimpiade Paris tahun 2024.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x