Kompas TV internasional kompas dunia

Turki Tangkap Pemimpin Terbaru ISIS Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi di Istanbul

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 13:01 WIB
turki-tangkap-pemimpin-terbaru-isis-abu-al-hassan-al-hashimi-al-qurayshi-di-istanbul
Turki, Sabtu (28/5/2022), mengumumkan penangkapan pemimpin baru kelompok militan ISIS, Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi, dalam sebuah serangan di Istanbul. Abu al-Hassan adalah pengganti Abu al-Ibrahim yang mati bunuh diri di Irak saat diserbu pasukan AS, beberapa waktu lalu. (Sumber: Arab News)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

ANKARA, KOMPAS.TV - Turki, Sabtu (28/5/2022), mengumumkan penangkapan pemimpin baru kelompok militan ISIS, Abu al-Hassan al-Hashimi al-Qurayshi, dalam sebuah operasi penangkapan di Istanbul.

Menurut laporan media Turki yang dikutip Arab News, Sabtu, penangkapan tersebut dilakukan pada Kamis (26/5/2022) lalu.

Situs berita pembangkang Turki, Oda TV, dikutip Arab News, mengeklaim Abu Al-Hasan Al-Hashimi Al-Qurayshi atau Juma Awad al-Badri, ditangkap dalam operasi yang dipimpin kepala polisi Istanbul, Zafer Aktas.

Penangkapan dilakukan setelah pengintaian dan persiapan selama berhari-hari. Hingga berita ini diturunkan, belum ada pernyataan resmi yang dibuat otoritas Turki.

Menurut laporan pers Turki, Presiden Recep Tayyip Erdogan diperkirakan akan mengungkap rincian operasi dalam beberapa hari mendatang.

Pemimpin ISIS sebelumnya, Abu Ibrahim Al-Hashimi Al-Qurayshi, dilaporkan tewas di barat laut Suriah pada 3 Februari 2022 dalam serbuan pasukan Amerika Serikat.

Dalam beberapa bulan terakhir, polisi Turki secara sistematis melakukan penggerebekan terhadap sel-sel ISIS di seluruh negeri.

Sebelumnya pada Mei, seorang calon pembom bunuh diri yang diduga terkait dengan kelompok itu ditangkap di Urfa yang berlokasi di perbatasan Suriah-Turki.

Tiga orang lagi ditahan pada minggu yang sama di Bursa.

Pada Kamis, anggota ISIS lainnya ditembak mati oleh polisi Turki ketika diduga mencoba meledakkan dirinya di depan departemen kepolisian di provinsi tenggara Gaziantep.

Baca Juga: Teroris ISIS Kini Dipimpin Kakak Abu Bakr al-Baghdadi, Bernama Juma Awad al-Badri

Foto bekas pemimpin ISIS, Abu Ibrahim al-Hashimi al-Quraishi. Secara pengecut Abu Ibrahim memilih untuk meledakkan dirinya sendiri dan membawa keluarga dan orang lain bersamanya ke alam baka saat diserang pasukan AS, kata Presiden AS Joe Biden. (Sumber: Straits Times)

Para ahli mencatat, operasi terbaru ini dapat digunakan sebagai pengaruh oleh Ankara untuk meningkatkan taruhan terhadap sekutu NATO, dalam upaya menunjukkan komitmen terhadap upaya kontraterorisme.



Sumber : Kompas TV/Arab News

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.