Kompas TV nasional peristiwa

Gus Mus Mengenang Buya Syafii Maarif: Beliau adalah Waliyullah

Kompas.tv - 28 Mei 2022, 05:05 WIB
gus-mus-mengenang-buya-syafii-maarif-beliau-adalah-waliyullah
Gus Mus mengisahkan sahabatnya sebagai seorang Waliyullah (Sumber: Arsip Kompas.id)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV – Ulama kharistmatik NU, Ahmad Mustofa Bisri atau disapa Gus Mus dengan terbata-bata bicara mengenang Buya Syafii Maarif, sahabatnya yang wafat hari ini.

Gus Mus pun didapuk untuk berbicara tentang sahabatnya itu dalam Takziyah Virtual PP Muhammadiyah untuk Buya Syafii Maarif yang digelar malam ini secara virtual di TV Muhammadiyah, Jumat (27/5/2022).

Dalam kesempatan itu, Gus Mus mengisahkan bahwa sosok Buya Syafii Maarif merupakan seorang wali, orang yang suci karena dekat dengan Allah SWT.

“Saya agak sulit berbicara karena beberapa waktu yang lalu kami masih kontak, saya secara pribadi memupuk persaudaraan yang sejak lama,” papar Gus Mus diikuti KOMPAS.TV secara virtual, Jumat (27/5/2022).

Gus Mus lantas cerita, ia pernah satu kemah ketika berhaji dan dekat dengan bersama keluarga Buya Syafii Maarif.

Lantas, Gus Mus cerita soal sikap sederhana Buya Syafii Maarif yang tercermin secara langsung dari pribadinya.

“Orang mau sikap sederhana mudah, jujur juga mudah, punya tekad perjuangan untuk agama dan bangsa itu mudah. Yang sulit adalah terus bersikap seperti itu, dalam bahasa kia disebut istikamah, Buya Syafii itu istikamah,” kenanngya.

Buya Syafii Maarif, lanjut Mustasyar PBNU tersebut, istkamah menjadi guru bangsa, istikamah jadi teladan umat. Istikamah dalam aklahul karimah.

"Istikamah inilah yang buat saya yakin, saudara saya Buya Syafii  adalah anugerah terindah, beliau adalah seorang waliyullah," kenangnya. 

Lantas, Gus Mus menceritakan soal ciri-ciri wali yang termaktub dalam kitab suci umat Islam, salah satuya adalah soal tidak adanya rasa takut dalam dirinya, sebab senantiasa dekat dengan Sang Maha Pencipta.

“Kita lihat, Buya Syafii tidak pernah tertundukkan oleh rasa takut. Tidak pernah ditundukkan oleh kesedihan, karena beliau adalah wali Allah, kekasih Allah,” paparnya.  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.