Kompas TV internasional krisis rusia ukraina

Meski Kesulitan Logistik akibat Sanksi Isolasi, Rusia Siap Ekspor 50 Juta Ton Gandum

Jumat, 27 Mei 2022 | 19:05 WIB
meski-kesulitan-logistik-akibat-sanksi-isolasi-rusia-siap-ekspor-50-juta-ton-gandum
Rusia akan memiliki 50 juta ton gandum untuk ekspor pada musim pemasaran baru Juli-Juni tahun ini dari total produksi 87 juta ton, sementara total produksi biji-bijian diklaim sejumlah 130 juta ton (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

MOSKOW, KOMPAS.TV - Rusia akan memiliki 50 juta ton gandum untuk ekspor pada musim pemasaran baru Juli-Juni tahun nanti, naik dari lebih dari 37 juta ton pada musim saat ini, kata menteri pertanian Rusia, seperti dilansir Straits Times, Jumat (27/5/2022).

Rusia adalah salah satu eksportir gandum terbesar di dunia, bersaing dengan Uni Eropa dan Ukraina untuk memasok gandum ke Timur Tengah dan Afrika.

Rusia terus mengekspor meskipun ada kesulitan dengan logistik dan pembayaran yang disebabkan oleh sanksi Barat terhadap Moskow atas apa yang disebut Rusia sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Rusia diperkirakan akan memanen 130 juta ton biji-bijian tahun 2022, termasuk 87 juta ton gandum, kata Presiden Vladimir Putin pada awal Mei.

"Panen biji-bijian 2022 secara substansial dapat melebihi tingkat tahun lalu dan mencapai jumlah yang disebutkan oleh presiden dalam pidatonya, dan mendekati, pada kenyataannya, (tingkat) maksimum," kata Dmitry Patrushev pada konferensi biji-bijian pada hari Jumat (27/5/2022).

Rusia menghasilkan rekor panen biji-bijian 133,5 juta ton pada tahun 2020, termasuk 85,9 juta ton gandum, sementara hasil panen raya tahun 2021 tercatat lebih kecil.

Patrushev mengatakan Rusia telah mengekspor lebih dari 35 juta ton biji-bijian, termasuk 28,5 juta ton gandum, musim ini.

Baca Juga: Kremlin Sebut Krisis Gandum Ukraina gara-gara Barat Sendiri, Tuntut Hapuskan Sanksi Isolasi

Rusia akan memiliki 50 juta ton gandum untuk ekspor pada musim pemasaran baru Juli-Juni tahun ini dari total produksi 87 juta ton, sementara total produksi biji-bijian diklaim sejumlah 130 juta ton. (Sumber: Straits Times)

Dia tidak memberikan perkiraan untuk ekspor gandum di musim yang baru.

Rusia sedang mengembangkan undang-undang baru yang memungkinkannya untuk mengendalikan bisnis lokal perusahaan Barat yang memutuskan untuk pergi dari Rusia.


Sumber : Straits Times

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x