Kompas TV nasional berita utama

PP Muhammadiyah Gelar Salat Ghoib untuk Syafii Maarif

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 14:14 WIB
pp-muhammadiyah-gelar-salat-ghoib-untuk-syafii-maarif
Jenazah mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif disemayamkan di Masjid Kauman, Yogyakarta, Jumat (27/5/2022). (Sumber: KOMPAS TV/Nadia Intan)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengurus Pusat Muhammadiyah menggelar salat ghoib untuk mendoakan almarhum Ahmad Syafii Maarif yang tutup usia pada hari ini, Jumat (27/5/2022).

Salat ghoib dilaksanakan seusai salat Jumat di Masjib At-Tanwir, Kantor PP Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam keterangannya, Sekretaris Lembaga Dakwah Khusus PP Muhammadiyah Faoza Amar menuturkan, PP Muhammadiyah merasa kehilangan atas wafatnya Buya Syafii.

Pasalnya, Buya Syafii memiliki sifat yang mencerahkan bangsa Indonesia dan pikirannya dapat diterima oleh lintas suku, ras, dan agama.

“(PP Muhammadiyah) Kehilangan beliau. Tulisan-tulisan yang mencerahkan bangsa Indonesia. Semoga bisa ada Buya Syafii yang baru yang dapat menyuarakan perjuangan beliau,” ucap Faoza Amar.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Wafat, Jokowi akan Melayat ke Yogyakarta Siang Ini

Kabar duka meninggalnya Syafii Maarif disampaikan Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Haedar Nashir.

Haedar menuturkan Buya Syafii wafat pada Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

“Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat, 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping,” kata Haedar.

Jenazah Buya Syafii disemayamkan dan disalatkan di Masjid Gede Kauman, Yogyakarta, untuk selanjutnya dimakamkan di pemakaman Husnul Khatimah Donomulyo, Nanggulan, Kulon Progo.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.