Kompas TV internasional kompas dunia

Peringatan Tsunami Muncul Menyusul Gempa 6,2 Richter di Lepas Pantai Los Palos,Timor Leste

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 11:53 WIB
peringatan-tsunami-muncul-menyusul-gempa-6-2-richter-di-lepas-pantai-los-palos-timor-leste
Gempa bumi 6,2 Richter mengguncang lepas pantai Timor Leste. Jumat (27/5/2022), sekitar pukul 9.36 waktu setempat. Gempa berpusat di 38 km di timur laut lepas pantai Los Palos dengan kedalaman 49 km. Peringatan tsunami pun dikeluarkan. (Sumber: USGS)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Gempa bumi 6,2 Richter mengguncang lepas pantai Timor Leste, hari ini, Jumat (27/5/2022), sekitar pukul 9.36 waktu setempat. Peringatan tsunami pun dikeluarkan.

Gempa berpusat di 38 km sebelah timur laut lepas pantai Los Palos dengan kedalaman 49 km, menurut Badan Survei Geologi AS, seperti laporan Straits Times, Jumat. 

Sistem Peringatan dan Mitigasi Tsunami Samudera Hindia (IOTWMS) mengeluarkan peringatan tsunami untuk wilayah tersebut.

Gempa terasa di ibu kota Timor Leste, Dili, namun terjadi “sangat cepat”, seperti dikutip Straits Times.

“Orang-orang melakukan aktivitas mereka seperti biasa,” kata warga yang tinggal di Dili, Timor Leste.

Timor-Leste dan Indonesia berlokasi di "Cincin Api" Pasifik, busur aktivitas seismik intens yang membentang melalui Asia Tenggara dan melintasi cekungan Pasifik.

Pada Februari lalu, gempa berkekuatan 6,2 Richter menewaskan belasan orang di Sumatera Utara, Indonesia.

Tahun 2004, gempa berkekuatan 9,1 Richter melanda pantai Sumatera dan memicu tsunami yang menewaskan 220.000 orang di seluruh wilayah, termasuk sekitar 170.000 di Indonesia.

Baca Juga: Belum Lama Terjadi Gempa 6,2 Magnitudo Guncang Perairan Nias Selatan, BMKG Beri Imbauan Ini

Ilustrasi Timor Leste. Gempa bumi mengguncang lepas pantai Timor Leste pada Jumat (27/5/2022), sekitar pukul 9.36 waktu setempat. Gempa berpusat di 38 km di sebelah timur laut lepas pantai Los Palos dengan kedalaman 49 km, menurut Badan Survei Geologi AS. (Sumber: Shutterstock )

Timor Leste memiliki populasi 1,3 juta orang dan merupakan negara termuda di Asia Tenggara. Baru-baru ini, negara tersebut merayakan ulang tahun ke-20 kemerdekaannya.

Bekas jajahan Portugis itu merdeka dari Indonesia pada 2002 setelah 24 tahun bersama Indonesia.

Peraih Nobel, Jose Ramos-Horta, tokoh Timor Leste yang berusia 72 tahun, menjadi presiden awal bulan ini setelah memenangi pemilihan umum.

Ramos-Horta juga merupakan perdana menteri kedua negara itu setelah kemerdekaan.

Ekonomi negara yang sebagian besar pedesaan itu terpukul parah oleh pandemi Covid-19, dengan Bank Dunia mengatakan 42 persen populasi hidup di bawah garis kemiskinan.



Sumber : Kompas TV/Straits Times/USGS

BERITA LAINNYA



Close Ads x