Kompas TV nasional peristiwa

Usai Akad Nikah, Anwar Usman dan Idayati Langsung Dapat e-KTP dan KK Baru, Berkat "Bening Hatiku"

Jumat, 27 Mei 2022 | 06:53 WIB
usai-akad-nikah-anwar-usman-dan-idayati-langsung-dapat-e-ktp-dan-kk-baru-berkat-bening-hatiku
Presiden Joko Widodo menjadi wali nikah dalam pernikahan adiknya, Idayati dengan Ketua Mahkamah Konstitusi Anwar Usman di Graha Saba Buana, Solo, Jawa Tengah. (Sumber: istimewa)

Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

SOLO, KOMPAS.TV — Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman dan Idayati, adik kandung Presiden Joko Widodo, langsung mendapatkan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) dan Kartu Keluarga (KK) terbaru usai melakukan akad nikah pada Kamis (26/5/2022).

Dua dokumen kependudukan itu diperolehnya langsung di lokasi akad dan resepsi pernikahan, yakni di Gedung Graha Saba Buana Solo, Kecamatan Banjarsari.

Bahkan, e-KTP dan KK tersebut langsung diserahkan kepada kedua mempelai oleh Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Zudan Arif Fakrullah.

"Kepada Dirjen Dukcapil Kemendagri, Bapak Zudan Arif Fakrullah dipersilakan untuk menyerahkan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga kepada kedua mempelai," kata pembawa acara.

Perlu diketahui, penyerahan e-KTP dan KK setelah prosesi akad nikah sudah menjadi hal biasa di Kota Solo.

Hal tersebut bersamaan dengan program Berkah Nikah Ganti KK KTP Sesuai Impian dan Harapanku atau disingkat "Bening Hatiku" yang diluncurkan Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bekerja sama dengan Kantor Urusan Agama (KUA) di wilayahnya.

Baca Juga: Momen Adik Jokowi dan Anwar Usman Bernyanyi Bareng Judika di Pelaminan

Dengan adanya program tersebut, semua warga yang menikah di Solo bisa langsung mendapat buku nikah, KK dan KTP dengan data administrasi kependudukan yang termutakhir tanpa harus repot mengurus ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Solo.

Sementara itu sebelumnya, akad nikah Anwar Usman dan Idayati berlangsung lancar. Jokowi yang bertindak selaku wali nikah adik kandungnya melafalkan teks ijab kabul dalam Bahasa Indonesia.

Dalam tayangan streaming yang dimonitor KOMPAS TV, Anwar Usman yang berbalut jas berwarna putih tampak lancar mengucap ijab sambil menggenggam tangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi wali nikah Idayati.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



Video Pilihan

BERITA LAINNYA


Close Ads x