Kompas TV religi beranda islami

Dibaca 80 Kali Hari Jumat, Amalan Selawat Ummi Bisa Menghapus Dosa 80 Tahun

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 06:10 WIB
dibaca-80-kali-hari-jumat-amalan-selawat-ummi-bisa-menghapus-dosa-80-tahun
Ilustrasi doa. ini merupakan selawat Jumat yang bisa diamalkan dan punya banyak manfaat (Sumber: jcomp/freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berikut ini merupakan selawat yang bisa ditujukan kepada Rasulullah SAW. Keutamaan mengamalkan selawat ini di hari Jumat adalah, diampuni dosa selama 80 tahun oleh Allah SWT. Namanya adalah selawat Ummi. 

Selawat Ummi ini bisa kita panjatkan di hari Jumat. Jika dipanjatkan, kata Rasulullah, Allah SWT akan mengampuni dosa-dosa kita selama 80 tahun.

Selawat Ummi ini berdasarkan hadis Nabi yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah terkait sebuah selawat yang baiknya sering dibaca oleh seorang muslim pada hari Jumat.

Sabda Nabi Muhammad: Barangsiapa yang berselawat kepadaku pada hari Jumat sebanyak 80 kali niscaya Allah mengampuni dosanya selama 80 tahun. Ada yang bertanya kepada beliau, 'Wahai Rasulullah, bagaimanakah cara berselawat kepada engkau?' Beliau menjawab, 'Ucapkanlah 'Allahumma sholli 'ala sayyidina Muhammadin 'Abdika wa Rasulika An-Nabiyyil Ummiy, ini dihitung sekali'.

Berdasarkan hadis di atas, maka baiknya mengamalkan selawat pendek ini 80 kali pada hari Jumat.

Untuk waktu mengamalkannya biasanya mendaraskan amalan ini sebelum salat Jumat, atau pada dasarnya bisa diamalkan sepanjang hari Jumat tersebut. 

Sebagai catatan, satu hal yang perlu dicermati adalah, ketika membaca selawat ini tidak serta-merta langsung diampuni dosanya. Sebab sekali lagi, hal itu adalah urusan Allah SWT dan tugas manusia hanyalah berusaha.

Baca Juga: Bacaan Doa Nabi Muhammad, Dibaca agar Rezeki Tidak Seret

Teks Selawat Ummi

Teks selawat dan doa di hari jumat (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks latin: Allahumma sholli ala sayyidina muhammadin 'abdika wa nabiyyika wa rasulika nabiyyil ummiyyi



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.