Kompas TV olahraga kompas sport

Sejarah Final Liga Champions, Duel Liverpool vs Real Madrid di Paris 41 Tahun Silam

Kompas.tv - 27 Mei 2022, 06:50 WIB
sejarah-final-liga-champions-duel-liverpool-vs-real-madrid-di-paris-41-tahun-silam
Pencetak gol kemenangan Liverpool di final Liga Champions 1981 kontra Real Madrid, Alan Kennedy (kiri) dan Phil Neal. (Sumber: uefa.com)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

PARIS, KOMPAS.TV - Laga final Liga Champions 2021-22 antara Liverpool vs Real Madrid yang berlangsung di Stade de France, Paris, Minggu (29/5/2022) mendatang, mengingatkan tentang duel puncak 41 tahun silam. 

41 tahun silam, tepatnya tanggal 27 Mei di Stadion Parc des Princes, Paris, Liverpool dan Real Madrid berduel di laga final European Cup, nama terdahulu dari Champions League. 

Dalam perjalanannya ke final, baik Liverpool maupun Real Madrid sanggup menyingkirkan favorit-favorit juara. 

The Reds arahan Bob Paisley menekuk klub Finlandia, Oulun Palloseura dengan skor agregat 11-2, sebelum menyingkirkan Aberdeen racikan Sir Alex Ferguson dengan agregat 5-0. 

Pada babak perempat final, Kenny Dalgish dan kolega menyudahi perlawanan CSKA Sofia dengan kemenangan 5-1 di Anfield serta 1-0 di Bulgaria.

Baca Juga: Clement Turpin Pimpin Final Liga Champions Liverpool vs Real Madrid, Tanda Los Blancos Beruntung?

Perjuangan The Reds sempat tersendat di leg pertama semifinal kontra Bayern Munchen. FC Hollywood yang masih diperkuat Karl-Hainz Rummenigger mampu menahan imbang The Reds dengan skor 0-0. 

Butuh gol tandang untuk lolos ke final, Liverpool justru terpaksa menarik keluar Kenny Dalgish pada menit-menit awal leg kedua. Dalgish cedera dan harus digantikan oleh striker yang kurang berpengalaman, Howard Gayle. 

Kendati demikian, Gayle mampu membuktikan kepercayaan Paisley. Dirinya berulang kali mengancam pertahanan Bayern. 

Ketika waktu normal hanya menyisakan tujuh menit, Ray Kennedy mampu memberikan keunggulan bagi Liverpool. Bayern memang merespons cepat dengan gol Rummenigge. Tetapi, skor 1-1 bertahan hingga laga berakhir. Liverpool berhak lolos berkat gol tandang. 

Di sisi lain, Real Madrid tidak menemui kesulitan berarti dalam menuju babak final. 

Klub Irlandia, Limerick mereka tekuk dengan skor 7-1 pada round 1. Lalu, kampiun Hungaria, Honved Budapest berhasil ditekuk Los Blancos dengan skor agregat 3-0. 

Baca Juga: Final UCL 2022, Jurgen Klopp: Dunia akan Merah atau Putih di Hari Itu

Walau sempat bermain imbang tanpa gol dalam leg pertama semifinal di kandang Spartak Moscow, Vincente del Bosque dan kawan-kawan sanggup melaju ke semifinal berkat kemenangan 2-0 di Bernabeu. 

Berlanjut ke partai semifinal menghadapi Inter Milan, Los Merengues menang 2-0 berkat gol Santillana dan Juanito. Nerazzurri memang menang 1-0 pada leg kedua, tetapi Real Madrid berhak ke Paris, lantaran unggul agregat 2-1. 

Aksi Alan Kennedy dan Gelar Ketiga The Reds

Ini merupakan kelolosan Liverpool yang ketiga kalinya ke partai final European Cup. Sebelumnya, The Reds memenangkan edisi 1977 dan 1978. 

Di sisi lain, ini adalah final kesembilan bagi Los Blancos. 

Jelang laga final di Paris, kedua tim memiliki masalah dalam menurunkan para pemain andalan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x