Kompas TV feature food story

Lebaran Ala Betawi (2)

Kompas.tv - 20 Juli 2018, 11:15 WIB
Penulis : Edika ipelona

Idul Fitri 1439 H. Benoe rayakan dengan berkunjung ke kediaman Bang JJ Rizal. Menikmati Lebaran ala Betawi bersama Bang JJ Rizal dan teman-temannya. Sejarawan yang tinggal di Depok itu banyak bercerita soal Lebaran ala Betawi dan tradisi-tradisinya.

Benoe juga akan belajar membuat Kembang Goyang, kue khas Betawi yang mulai susah ditemukan. Ada juga kue Akar Kelapa dan Biji Ketapang. Yang spesial dari kue yang akan Benoe bikin adalah terbuat dari tepung Jalejo alias tepung Jagung, Kedelai dan Kacang Ijo. Tepung ini membuat kue Betawi lebih renyah dan harum.

Lebaran ala Betawi punya tradisi unik, salah satunya membawa hantaran ke rumah tetangga dan saudara. Manisan Kolang-kaling khas Betawi juga bisa jadi hantaran yang pas saat Lebaran. Selain memiliki warna-warni yang cerah, Manisan Kolang-kaling juga memiliki rasa manis dan segar. Nah, Benoe juga mau intip cara pembuatan Manisan Kolang-kaling. Resep manisan ini sudah diturunkan dari tiga generasi.

Benoe juga mau mencicipi hidangan Lebaran khas Betawi, ada Ketupat, Sayur Sambal Godog, dan Semur Ikan Kerbau. Nyak Murni, Enyaknya Bang JJ Rizal mau berbagi resep Semur Ikan Kerbau khas Betawi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.