Kompas TV regional berita daerah

Hutan Nantu Ikon Dunia Berada Di Gorontalo

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 19:39 WIB
Penulis : KompasTV Gorontalo

GORONTALO, KOMPAS TV - Hutan nantu, berdasarkan data yang ada, memiliki luas 51 ribu hektar, berada diwilayah Kabupaten Boalemo, Kabupaten Gorontalo Utara dan terbesar berada di Kabupaten Gorontalo.

Perambahan hutan yang merajalela hingga saat ini, membuat hutan nantu menjadi satu satunya hutan yang tersisa bahkan menjadi benteng terakhir, sebagai tempat hidup hewan dan tumbuhan endemik Sulawesi.

Demi kelestarian hutan nantu, pemerintah hingga saat ini terus berupaya agar pemerintah pusat  cepat merealisasikan permohonan daerah untuk menjadikan kawasan hutan nantu sebagai wilayah taman hutan rakyat.

Bupati Kabupaten Gorontalo Nelson Pomalingo usai meninjau langsung Hutan Nantu menyatakan, kawasan hutan ini kini menjadi ikon dunia yang berada di Gorontalo. hutan ini harus dijaga bersama, agar tidak rusak oleh orang - orang yang tidak bertanggung jawab, menebang pohon secara liar, bahkan perburuan liar.

Dihutan ini, masih dijumpai pohon berumur ratusan tahun, dan hewan endemik Babi Rusa.

Jika pemerintah pusat menyetujui usulan menjadikan kawasan ini menjadi Tahura, maka lokasi kawasan hutan ini, bisa berfungsi sebagai tempat edukasi, penelitian bahkan wisata dan tentunya manfaat besar bisa dirasakan warga Gorontalo.

Sambil menunggu persetujuan pemerintah pusat, Pemerintah Daerah akan menganggarkan perbaikan akses jalan masuk, fasilitas pendukung bahkan jaringan internet.

 

#hutannantu

#ikondunia

#tamanhutanrakyat

#gorontalo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.