Kompas TV regional berita daerah

Melatih Siswa Hidup Bersih dan Sehat Sejak Dini

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 18:24 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Melatih kemandirian sejak dini dan hidup bersih perlu diajarkan kepada anak-anak. Salah satunya, seperti yang dilakukan oleh Taman Kanak-Kanak (TK) Pembina di Desa Kebonagung, Kajen, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah. Petugas dari puskesmas setempat mengajari anak-anak TK bagaimana menyikat gigi dengan benar.

Selain itu, petugas juga mengajari cara mencuci tangan dengan baik menggunakan air mengalir dan sabun. Hal tersebut langsung dipraktekkan oleh anak-anak. Pihak sekolah sengaja mengajarkan pengenalan lingkungan dalam kehidupan sehari-hari untuk melatih kemandirian.

"Harapannya, kedepannya agar anak-anak itu mandiri, tidak tergantung kepada kedua orang tuanya, bisa menyelesaikan masalahnya sendiri, walaupun dalam bentuk sederhana," kata Suatmi, Kepala TK Pembina, Kebonagung.

Usai mendengarkan penjelasan dari petugas dan praktek bersama, anak-anak makan bersama sembari mengenalkan makanan empat sehat lima sempurna.

Penjelasan dan praktek tentang cara hidup bersih dan sehat disambut antusias oleh para siswa. Sebelum pulang, para siswa diperiksa kesehatan mulut, kuku dan telinganya. Diharapkan, nantinya para siswa bisa menerapkan hidup bersih dan sehat di lingkungannya masing-masing.

#tamankanakkanak #siswa #pekalongan 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x