Kompas TV nasional politik

Benarkah Jokowi Pilih Ganjar? Politikus PDIP: Beliau Tahu Bahwa yang Usung Capres adalah Partai

Rabu, 25 Mei 2022 | 19:00 WIB
benarkah-jokowi-pilih-ganjar-politikus-pdip-beliau-tahu-bahwa-yang-usung-capres-adalah-partai
Politisi PDIP menyebut Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi) sangat mengetahui bahwa urusan pemilihan calon presiden dan calon wakil presiden adalah urusan partai. (Sumber: Tangkapan layar YouTube)

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi sangat mengetahui bahwa urusan pemilihan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) adalah urusan partai.

Hal itu disampaikan Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Andreas Hugo Pareira, dalam acara Overview: Benarkah Jokowi Pilih Ganjar? yang ditayangkan kanal YouTube Tribunnews, Rabu petang (25/5/2022).

“Menurut pandangan kami, beliau sejalan dengan apa yang menjadi perintah dari partai.”

“Karena memang secara konstitusional juga beliau tahu bahwa yang mengusung calon presiden-wakil presiden adalah partai, dan kemudian beliau berpartai,” tuturnya.

Andreas menambahkan, saat ini partai memerintahkan pada seluruh jajaran untuk fokus mendukung proses pemerintahan yang berjalan sekarang sampai akhir pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Pengamat Yakin Capres yang Diusung PDIP pada Pemilu 2024 Tidak akan Didukung Jokowi, Ini Alasannya

“Di partai belum diputuskan, siapa yang jadi capres, siapa yang jadi cawapres.”

“Dan Pak Jokowi tahu betul bahwa urusan capres dan cawapres adalah wilayah partai, dan yang kedua, di PDIP, itu adalah hak prerogatif ketua umum,” tegasnya.

Menanggapi pernyataan Jokowi dalam Rakernas Kelima Projo di Magelang beberapa waktu lalu, bahwa ada kemungkinan capres yang didukung hadir dalam kegiatan Projo tersebut, Andrean menyebutnya biasa saja.

Menurutnya, hal yang biasa terjadi jika menjelang tahun politik seperti ini muncul banyak statement, banyak tafsiran, dan banyak analisa.


Sumber : Kompas TV, Tribunnews

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x