Kompas TV regional berita daerah

Pesona Wisata Pusat Laut Donggala, Sumur Alami Yang Unik

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 14:55 WIB
Penulis : KompasTV Palu

DONGGALA, KOMPAS.TV - Di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kabupaten Donggala terdapat sebuah sumur besar yang dikenal dengan sebutan pusentasi yang berarti Pusat Laut, sumur satu ini mempunyai pesona dan keunikan tersendiri.

Berlokasi di wilayah Simbe, Desa Limboro Kabupaten Donggala, Pusat Laut merupakan tempat yang ramai dikunjungi pada saat akhir pecan, berenang di sumur yang airnya jernih kebiruan ini menjadi kegiatan wajib yang dilakukan para pengunjung. Namun untuk anda yang memiliki nyali bisa mencoba untuk melompat atau terjun langsung dari bibir sumur setinggi lima sampai tujuh meter ini. Anda juga bisa menyaksikan warga dari sekitar tempat wisata yang melakukan lompatan ke sumur, berharap ada pengunjung yang melemparkan uang koin ke dalam sumur.

Di bagian atas Pusat Laut, dibangun sebuah pagar pembatas untuk menikmati pesona kejernihan pusat laut dari atas tebing, bahkan pemerintah setempat membangun tembok yang mengelilingi sumur, tujuannya agar kelestarian alam Pusat Laut tetap terjaga.

Tidak hanya sumur, di Pusat Laut, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan pantai Donggala yang terkenal dengan pasir putih. Uniknya, dibalik keindahan pusat laut ini, konon beberapa masyarakat menjadikannya sebuah media untuk penyembuhan.

Destinasi wisata ini dapat diakses dengan menempuh satu setengah jam perjalanan dari Kota Palu dan  untuk masuk kedalam, anda cukup membayar Rp.2500 saja.

#PusatLaut #SumurAlami #WisataKabupatenDonggala 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x