HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV / feature / food story

Kuliner Jalur Mudik (3)

Rabu, 18 Juli 2018 | 15:40 WIB

Mudik atau pulang kampung saat Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari umat Islam di Indonesia. Nah, Food Story mau berbagi referensi kuliner lezat di sepanjang jalur Pantura. Daerah pertama yang akan Benoe singgahi adalah kota Majalengka.

Majalengka punya kuliner Jalakote, yang meski dari namanya hampir sama dengan Jalangkote asal Makassar, tetapi berbeda bentuk dan cita rasa. Jalakote Majalengka adalah sejenis paster dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu dan tepung aci, dengan berbagai macam isian seperti telur puyuh, tahu dan ayam. Saat di Majalengka, jangan lewatkan untuk mencicipi durian Sinapeul. Sinapeul adalah nama blok yang menjadi sentra durian unggulan, antara lain Perwira, Bokor, Siriwig dan Cangpis.

Saat mudik dan melewati kota Cirebon, Benoe merekomendasikan Foodlovers untuk menikmati sajian Empal Gentong. Hidangan berkuah sejenis gulai ini dimasak dalam gentong tanah dengan bahan bakar kayu. Dari sekian banyak penjaja Empal Gentong, salah satu yang legendaris adalah Empal Gentong Haji Apud.

Bergerak lagi ke arah timur pulau Jawa. Saat di Brebes, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khasnya Kapal Burak. Kapal Burak terbuat dari kepala ikan Manyung asap yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu cabai. Pada saat disajikan, kepala ikan akan terlihat berantakan sehingga terlihat seperti kapal burak atau rusak.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

Close Ads x
NEWSTICKER
04:36
KLASEMEN SEMENTARA SEA GAMES 2019: INDONESIA PERINGKAT KEDUA DENGAN 51 MEDALI EMAS, 50 PERAK, DAN 58 PERUNGGU   I GEDE SIMAN SUDARTAWA RAIH MEDALI EMAS SEA GAMES 2019 UNTUK INDONESIA DARI RENANG GAYA PUNGGUNG 50 METER   VIETNAM AKAN MENJADI LAWAN TIMNAS U23 INDONESIA DI FINAL SEPAK BOLA SEA GAMES 2019   GANDA PUTRI INDONESIA GREYSIA/APRIYANI & GANDA PUTRA INDONESIA WAHYU/ADE MAJU KE SEMIFINAL BADMINTON SEA GAMES 2019   BALAI PELESTARIAN CAGAR BUDAYA (BPCB) JAWA TIMUR MENELITI ARCA "GANESHA" YANG DITEMUKAN DI MAGETAN   BPBD BANDUNG: 179 JIWA TERDAMPAK BANJIR BANDANG DI KECAMATAN KERTASARI   TEKAN ANGKA KEMISKINAN, PEMERINTAH DAERAH TIMOR TENGAH UTARA (TTU), NTT, BANGUN 38.000 RUMAH   GUBERNUR JATENG GANJAR PRANOWO WACANAKAN CABUT IZIN SEKOLAH YANG MENGGAJI GURU DI BAWAH UMK   PEMPROV SULUT SIAPKAN PARIWISATA LIKUPANG, MINAHASA UTARA, SEBAGAI LOKASI PENYELENGGARAAN KTT G20 TAHUN 2023   PT PELINDO III SEDIAKAN ANGKUTAN BUS GRATIS UNTUK LIBUR NATAL DAN TAHUN BARU DI SEJUMLAH PELABUHAN WILAYAH KERJANYA   BPBD LEBAK: LEBIH DARI 5.000 KELUARGA TERDAMPAK BANJIR DAN LONGSOR DI KECAMATAN CIBEBER DAN BAYAH   BPBD LEBAK BELUM BISA PASTIKAN JUMLAH KERUGIAN AKIBAT BANJIR DAN LONGSOR DI KECAMATAN CIBEBER DAN BAYAH   KOMISI A DPRD DKI SOROTI USULAN ANGGARAN SISTEM INFORMASI POTENSI BENCANA SENILAI RP 8 MILIAR   BPBD DKI JAKARTA USULKAN ANGGARAN SIMULATOR BENCANA BERTEKNOLOGI CANGGIH SENILAI RP 12 MILIAR