Kompas TV regional berita daerah

Borobudur Marathon Bisa Genjot Sport Tourism

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 12:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Setelah sempat dilakukan pembatasan ketat karena pandemi tahun lalu, kini ajang Borobudur Marathon kembali digelar. Event tahunan yang telah menginjak tahun keenam ini diharapkan bisa mengenjot Sport Tourism di Indonesia.

Setelah sukses menyelenggarakan Borobudur Marathon 2021 dengan pembatasan, kini Pemprov Jateng berkolaborasi dengan Harian Kompas dan Bank Jateng untuk kembali menyelenggarakan Borobudur Marathon keenam.

Dengan mengusung tema Stronger to Victory, Bomar 2022 akan dilaksanakan pada tanggal 12-13 November 2022, di Taman Lumbini, Komplek Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Dalam jumpa pers yang dihadiri Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyatno, Ketua Yayasan Borobudur Marathon, Liem Chie An, dan Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, setidaknya akan ada 55 atlet elite yang telah melalui proses seleksi dan memenuhi kriteria vaksin tiga kali yang akan berlaga di rute 42,195K.

Selain Elite Race dan Bank Jateng Tilik Candi di rute half marathon 21,097K tahun ini Bomar juga menghadirkan inovasi baru, yaitu Borobudur Marathon Young Talent yang bertujuan untuk mengumpulkan potensi atlet muda dengan cut off time terbaik di setiap kota untuk nantinya berkompetisi dalam kategori 10K.

Diharapkan Borobudur Marathon ini bisa menggenjot Sport Tourism di Indonesia dan bisa menjadi kebangkitan dalam sisi ekonomi.

"Ini bentuk bisa berlari dan berkompetisi dengan Internasional. Kita juga memberikan ruang kepada daerah wisata, sport tourismnya kita genjot " ujar Ganjar.

Event Borobudur Marathon akan ditutup dengan Borobudur Marathon Fun Run sejauh 5K, yang akan diikuti seribu warga Magelang sebagai tanda apresiasi dan terimakasih telah ikut serta sebagai penyelenggara event tahunan ini.

Partisipasi masyarakat Magelang juga diwujudkan dalam program Pawone dengan merangkul para UMKM di Jawa Tengah.

#borobudurmarathon #sporttourismindonesia #ganjarpranowo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x