HARIAN KOMPAS KOMPAS.COM KOMPASIANA.COM TRIBUNNEWS.COM KONTAN.CO.ID BOLASPORT.COM GRID.ID GRIDOTO.COM GRAMEDIA.COM KGMEDIA.ID
Kompas TV feature food story

Kuliner Jalur Mudik (2)

Rabu, 18 Juli 2018 | 15:20 WIB

Mudik atau pulang kampung saat Idul Fitri sudah menjadi tradisi yang tidak bisa dipisahkan dari umat Islam di Indonesia. Nah, Food Story mau berbagi referensi kuliner lezat di sepanjang jalur Pantura. Daerah pertama yang akan Benoe singgahi adalah kota Majalengka.

Majalengka punya kuliner Jalakote, yang meski dari namanya hampir sama dengan Jalangkote asal Makassar, tetapi berbeda bentuk dan cita rasa. Jalakote Majalengka adalah sejenis paster dengan kulit yang terbuat dari tepung terigu dan tepung aci, dengan berbagai macam isian seperti telur puyuh, tahu dan ayam. Saat di Majalengka, jangan lewatkan untuk mencicipi durian Sinapeul. Sinapeul adalah nama blok yang menjadi sentra durian unggulan, antara lain Perwira, Bokor, Siriwig dan Cangpis.

Saat mudik dan melewati kota Cirebon, Benoe merekomendasikan Foodlovers untuk menikmati sajian Empal Gentong. Hidangan berkuah sejenis gulai ini dimasak dalam gentong tanah dengan bahan bakar kayu. Dari sekian banyak penjaja Empal Gentong, salah satu yang legendaris adalah Empal Gentong Haji Apud.

Bergerak lagi ke arah timur pulau Jawa. Saat di Brebes, jangan lewatkan untuk mencicipi kuliner khasnya Kapal Burak. Kapal Burak terbuat dari kepala ikan Manyung asap yang dimasak dengan kuah santan dan bumbu cabai. Pada saat disajikan, kepala ikan akan terlihat berantakan sehingga terlihat seperti kapal burak atau rusak.

Jangan lewatkan live streaming Kompas TV 24 jam non stop di www.kompas.tv/live. Supaya tidak ketinggalan berita-berita terkini, terlengkap, serta laporan langsung dari berbagai daerah di Indonesia, yuk subscribe channel youtube Kompas TV. Aktifkan juga lonceng supaya kamu dapat notifikasi kalau ada video baru.

Media sosial Kompas TV : Facebook Instagram Twitter LINE

BERITA LAINNYA

News Vlog

Vlog : Ketua KPK masak Nasi Goreng

Selasa, 21 Januari 2020 | 00:58 WIB
Rumah Pemilu

Rian Ernest Terancam Gagal

Senin, 20 Januari 2020 | 23:38 WIB
Close Ads x
NEWSTICKER
01:19
ATLET LARI LALU M ZOHRI PERGI KE TIONGKOK UNTUK PERSIAPAN JELANG OLIMPIADE 2020   PETENIS NOVAK DJOKOVIC RAIH KEMENANGAN KE-900 DI SEKTOR TUNGGAL PUTRA SETELAH MENANG DI AUSTRALIA OPEN 2020   KIPER MANCHESTER UNITED, SERGIO ROMERO, MENGALAMI KECELAKAAN MOBIL DI CARRINGTON, INGGRIS   IRAN BELUM BERENCANA MENGIRIM KOTAK HITAM PESAWAT BOEING 737 UKRAINA UNTUK DIANALISIS DI PERANCIS ATAU UKRAINA   PM MALAYSIA MAHATHIR MOHAMAD MENCABUT ATURAN KONTROVERSIAL MENGENAI PEMAKAIAN SEPATU WARNA HITAM BAGI PELAJAR   PEMBANGUNAN KAWASAN TERPADU MARINA LABUAN BAJO MILIK PT ASDP INDONESIA FERRY MENELAN DANA RP 600 MILIAR   CHEVRON INDONESIA RUGI RP 23 MILIAR AKIBAT 72 KASUS PENCURIAN MINYAK PADA 2019   JAKSA AGUNG ST BURHANUDDIN MINTA WAKTU UNTUK TELUSURI DUGAAN OKNUM OJK YANG TERLIBAT KASUS JIWASRAYA   SEBELUMNYA, KEJAGUNG MINTA BADAN PERTANAHAN NASIONAL MEMBLOKIR 156 BIDANG LAHAN MILIK BENNY TJOKRO   KEJAGUNG SEBUT JUMLAH TANAH MILIK DIRUT PT HANSON INTERNATIONAL BENNY TJOKRO YANG AKAN DIBLOKIR BERTAMBAH   ICW DAN TRANSPARENCY INTERNATIONAL INDONESIA MENILAI VONIS 2 TAHUN PENJARA TERHADAP ROMAHURMUZIY TERLALU RINGAN   ICW MINTA KPK TELUSURI ADANYA INFORMASI BOHONG SOAL HARUN MASIKU DI LUAR NEGERI   KPK TELAH MEMASUKAN NAMA HARUN MASIKU KE DALAM DPO   MANTAN MENTERI KP SUSI PUDJIASTUTI TAK SETUJU RENCANA PEMERINTAH KIRIM NELAYAN PANTURA KE NATUNA