Kompas TV regional berita daerah

Ada 90 Suspect PMK, Penyuntikan Sapi Digencarkan

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 10:54 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

PEMALANG, KOMPAS.TV - Sebanyak 90 ekor sapi di Pemalang, Jawa Tengah, dinyatakan suspect Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). Dinas Pertanian bekerja sama dengan TNI-Polri menggencarkan suntik obat dan vitamin, sekaligus melakukan pengobatan sapi serta mengawasi penjualan ternak.

Petugas dari Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, menyambangi Kampung Ternak Desa Pedurungan, Kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah. Petugas yang bekerja sama dengan TNI-Polri, terus melakukan upaya pencegahan dengan penyuntikan ke sapi yang sakit.

Ada 4 suntikan yang diberikan ke sapi milik warga, diantaranya obat demam, vitamin dan antibiotik untuk mulut dan kuku. Petugas juga mengawasi penjualan dan lalu lintas ternak. Selain itu, juga mengirim sampel air liur sapi ke laboratorium di Wates, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk dilakukan tes, serta membuka sejumlah posko pengaduan.

"Pertanian, yang pertama dilakukan adalah membangun posko, posko pelayanan pengaduan dari masyarakat ada 3 titik. Pertama di Kantor Dinas Pertanian, kedua di Pusuan Randudongkal, yang ketiga di RPH Jalan Lingkar Utara," ujar Wahadi, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang.

Dari jumlah 90 yang suspect PMK, 3 ekor diantaranya positif. Namun, dari jumlah itu sudah 10 ekor sapi dinyatakan sembuh.

#pmk #kabupatenpemalang #dinaspertanian



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA


Close Ads x