Kompas TV regional peristiwa

Sebanyak 1.364 Personel Keamanan Dikerahkan Saat Pernikahan Adik Jokowi dan Anwar Usman

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 09:49 WIB
sebanyak-1-364-personel-keamanan-dikerahkan-saat-pernikahan-adik-jokowi-dan-anwar-usman
Kapolres Kota Surakarta Kombes Ade Safri Simanjuntak (Sumber: Kompas.com/Labib Zamani)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

SOLO, KOMPAS.TV — Sebanyak 1.364 personel keamanan akan dikerahkan saat acara pernikahan adik Jokowi, Idayati dan Ketua Mahkamah Konstitusi RI Anwar Usman, Kamis (26/5/2022).

Menurut Kapolresta Surakarta Kombes Ade Safri Simanjutak, ribuan personel yang akan terlibat merupakan tim gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta.

Salah satu tugasnya, memastikan kelancaran arus lalulintas jalan area Gedung Graha Saba Buana, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah. Di antaranya dengan memberlakukan one way dan mengalihkan arus di sejumlah jalan.

"Kami telah menyiapkan 1.364 personel baik dari Polri, TNI, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Kota Surakarta yang dilibatkan dalam pengamanan jalur itu," kata Ade Safri seperti dikutip Antara, Selasa (24/5/2022).

Baca Juga: Nikahi Idayati, Adik Jokowi, Ketua MK Anwar Usman Kembali Tepis Tuduhan Pernikahan Politik

Ia juga menyatakan, saat pelaksanaan pihaknya akan mengatur lalu lintas, mulai dari penerapan one way atau satu jalur hingga rekayasa lalu lintas untuk mengalihkan kendaraan berat dan kecil.

Kapolres menjelaskan penerapan one way akan dilakukan di sepanjang Jalan Letjen Suprapto depan Graha Saba Buana. Tepatnya, mulai simpang empat warung makan sate Dahlan hingga simpang Masjid Mujahidin dari selatan ke utara.

"Jalur itu, dimana hanya bisa diakses oleh tamu undangan resepsi atau akad nikah termasuk warga di Jalan Letjen Suprapto," jelasnya.

Adapun one way diperkirakan akan dilaksanakan selama kegiatan pernikahan berlangsung. Menurut Kapolres acara akad nikah akan dilaksanakan pada pukul 09.00 WIB - pukul 12.00 WIB dan resepsi pada pukul 12.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

Selain di sepanjang Jalan Letjen Suprapto, Polresta Surakarta juga akan memberlakukan pengalihan arus lalu lintas mulai dari simpang Girimulyo.

Hal itu dilakukan untuk mengalihkan kendaraan berat atau besar dari Girimulyo ke Terminal Tirtonadi kemudian belok kiri ke Jembatan Kering menuju Palang Joglo.

Sementara untuk kendaraan pribadi atau kecil, mulai simpang empat warung makan sate Dahlan akan dialihkan ke arah barat dan timur. Nantinya, kendaraan bisa tetap melaki ke arah timur menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro dan ke kiri menuju gang dalam Sumber.

Sebelumnya, adik Presiden Joko Widodo, Idayati akan menikah dengan Ketua MK RI Anwar Usman. Akad nikah dan resepsi pernikahan dilaksanakan di Gedung Graha Saba Buana, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan Banjarsari Solo, Jawa Tengah, pada Kamis (26/5).

Menurut Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Banjarsari Surakarta Arbain Basyar saksi nikah dari pihak Ketua MK Anwar adalah Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa. Sedangkan, dari pihak perempuan Idayati saksi nikah adalah Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Baca Juga: Di Hari Pernikahan, Idayati Pilih Riasan Mode Simple Natural Kesukaan Keluarga Jokowi



Sumber : Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x