Kompas TV religi beranda islami

Zikir Pagi Penarik Rezeki, Dilengkapi Manfaatnya Secara Sains

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 05:45 WIB
zikir-pagi-penarik-rezeki-dilengkapi-manfaatnya-secara-sains
Ilustrasi zikir. bacaan berikut ini merupakan zikir yang bisa kita amalkan di pagi hari (Sumber: TribunStyle)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pagi hari adalah waktu istimewa karena banyak barakah di dalamnya. Untuk itulah, sebisa mungkin jangan lewatkan zikir pagi sebagai penanda untuk mengawal hari, termasuk dalam urusan rezeki. 

Zikir ini diajarkan Rasulullah dan termaktub dalam kitab Adzkar Imam Nawawi. Zikir ini bisa dibaca minimal 100 kali dan pahalanya kelak akan sangat besar. Selain itu, zikir ini merupakan salah satu zikir yang bisa menarik rezeki. 

Kitab Adzkar Imam Nawawi merupakan kitab zikir yang dipelajari ratusan tahun dan turun temurun. Kitab ini berisi banyak hal, termasuk salah satunya tuntunan hidup bagi muslim

Zikir ini termasuk dalam bab awal dalam kitab Imam Nawawi tersebut, dinukil dari hadis Nabi Muhammad SAW tentang sebuah zikir yang baiknya dibaca saat sore hari tiba maupun pagi hari saat matahari mulai bangkit. 

Kenapa pagi hari, sebab dalam firman Allah SWT disebutkan kenapa pagi hari baiknya memperbanyak zikir:

Firman Allah SWT: Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan sore. Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya (memohonkan ampunan untukmu), supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya (yang terang). Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman” (QS. Al-Ahzab: 42-43).

Menurut Imam Nawawi, Zikir ini bisa dengan dibaca berupa lisan maupun dilafalkan di hati, seraya mengikhlaskan hati agar Allah selalu memberi yang terbaik kepada kita, begitu halnya rezeki. 

Zikir Pagi

Zikir pelancar rezeki (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Teks Latin: Subhanallah Wabihamdihi Subhanallahil Adzim

Artinya: "Maha Suci Allah dengan segala puji bagi-Nya, Maha Suci Allah yang Maha Agung"

Baca Juga: Kisah Karamah: Saat Burung Berzikir Membawa Ulama asal Indonesia ke Sebuah Makam

Manfaat Zikir Secara Sains

Dikutip dari Kompas.com doa maupun zikir tak hanya akan menyembuhkan secara spiritual saja, menurut Dr.Somporn Kantharadussadee Triamchaisri, Ketua Departement of Public Health Nursing, Faculty of Public Health di Mahidol University, Thailand, berdoa juga mampu meningkatkan kesehatan secara fisik. Dan pernyataan ini tidak ada kaitnya dengan alasan supernatural, tapi berdasarkan fakta.

“Berdoa adalah salah satu bentuk meditasi. Meditasi bisa menjadi senjata yang ampuh dalam menjaga fisik dan mental kita," paparnya.  

Sejak tahun 1930, para ilmuwan sudah meneliti pengaruh doa terhadap jantung dan gelombang otak.

Dalam kurun waktu lebih dari 20 tahun terakhir, sudah ada banyak studi yang memantau praktek meditasi dalam berbagai agama, seperti Hindu, Budha, dan Islam.

Dr. Andrew Newberg, profesor di bidang radiologi, psikologi, dan studi religi di University of Pennsylvania dan salah satu pendiri Penn’s Center for Spirituality and the Mind, juga menggungkapkan, “Ilmu pengetahuan telah berhasil membuktikan, agama benar-benar dapat memberikan dampak positif terhadap kesehatan.”

Para ahli menemukkan ketika tubuh dan pikiran berjalan dalam sebuah harmoni yang baik, hasilnya kita akan mendapatkan keseimbangan tubuh serta sel-sel saraf. Di samping apapun motif yang ada di belakang alasan kenapa orang berdoa atau zikir, namun tidak ada penyangkalan bahwa banyak orang yang akan tetap melakukannya.

Sebuah studi menunjukkan 36% orang menggunakan obat pengganti atau alternatif, dan angka tersebut meningkat dua kali lipat ketika doa dimasukkan.

Para relawan melakukan doa/zikir demi kesehatan pribadinya dan untuk menolong orang lain. Plus, dari mereka yang berdoa untuk alasan kesehatan, 70% menyatakan bahwa doa sangat membantu diri mereka. 



Sumber : Kompas TV/kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.