Kompas TV olahraga kompas sport

Siap-Siap, Turnamen Pramusim Segera Digelar, PSSI: Pertengahan Juni, Bisa Dihadiri Penonton

Kompas.tv - 25 Mei 2022, 01:00 WIB
siap-siap-turnamen-pramusim-segera-digelar-pssi-pertengahan-juni-bisa-dihadiri-penonton
PSSI bersama operator kompetisi sepak bola, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengadakan pertemuan untuk membahas turnamen pramusim untuk Liga 1 dan Liga 2. (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak bola Indonesia, PSSI, mengatakan turnamen pramusim untuk Liga 1 dan 2 akan digelar pertengahan Juni dan bisa dihadiri penonton.

Bersama operator kompetisi, PT Liga Indonesia Baru (LIB), PSSI tengah menggodok turnamen pramusim yang diharapkan bisa diikuti oleh semua tim Liga 1.

Para klub juga sudah diajak diskusi dengan PT LIB tentang mekanisme dan regulasi, meskipun semua masih tahap awal.

Musim lalu, PSSI dan PT LIB menggelar turnamen pramusim dengan titel Piala Menpora yang digelar di empat stadion di Pulau Jawa. 

Untuk musim ini, kemungkinan besar juga akan dilangsungkan di empat kota namun PSSI dan PT LIB belum bisa memastikan stadion mana saja yang akan digunakan.

"Hari ini saya rapat dengan jajaran LIB untuk membahas beberapa hal. Salah satunya soal turnamen pramusim, Liga 1 dan 2," kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan, Selasa (24/5/2022). 

"Sudah ada beberapa hal yang disepakati dan ada yang belum. Kita akan terus matangkan hal ini,’’ imbuh pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Rencananya, turnamen pramusim ini akan digelar pada pertengahan Juni hingga pertengahan Juli dan bisa dihadiri penonton.

Baca Juga: PT LIB Berharap Turnamen Pramusim Jelang Liga 1 2022-23 Bergulir Awal Juni

Namun, kata Iriawan, pihaknya akan berkoordinasi lebih lanjut dengan sejumlah pihak terkait untuk menentukan berapa persen keterisian stadion yang diizinkan sekaligus bagaimana syarat masuk penonton seperti status vaksinasi.

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah. Dalam hal ini Kemenpora, Kemenkes, BNPB, Satgas Covid-19, dan Kepolisian soal berapa persen penonton yang boleh masuk stadion. Kita akan ikut apa yang diputuskan oleh pemerintah,’’ jelas Iriawan.

Sementara terkait persaingan di kompetisi Liga 1 dan Liga 2 memastikan, Iriawan menilai akan berlangsung semakin ketat.

Untuk membuat pertandingan berjalan menarik dan adil untuk setiap tim, PSSI akan memakai wasit tambahan yang berada di dekat gawang.

Dengan aturan tersebut, diharapkan kesalahan-kesalahan mendasar yang dilakukan pleh wasit bisa diminimalisir.

‘’Saya kira Liga 1 dan 2 musim ini akan berjalan seru dan ketat karena sudah diperbolehkan ada penonton," ujarnya.

"Agar kompetisi berjalan seru,adil, fairplay, dan enak ditonton, PSSI dan PT LIB tetap akan memakai asisten wasit tambahan (asisten wasit ke empat dan kelima) di belakang gawang," pungkas Iriawan.

Baca Juga: PT LIB: Liga 1 2022-23 Kami Upayakan Dihadiri 100 Persen Penonton di Stadion



Sumber : pssi.org

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.